Kuta (Antara Bali) - Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) mengusulkan agar industri kreatif spa dan kuliner khas Indonesia dipatenkan agar tidak mudah diakui oleh negara lain sebagai daya tarik wisata.
     
"Spa ini merupakan turunan dari jaman nenek moyang kita seperti luluran adalah milik Indonesia. Selain itu juga kuliner seperti rendang yang pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak," kata Ketua BPPI Yanti Sukamdani di Kuta, Kabupaten Badung, Jumat.
     
Menurut dia, spa merupakan salah satu industri kreatif yang banyak digemari para wisatawan tatkala mereka berkunjung ke suatu destinasi wisata.
     
Dia mengungkapkan bahwa, Indonesia memiliki beberapa jenis spa yang dikenal di mancanegara di antaranya spa lulur khas Jawa dan spa herbal dari Pulau Dewata.
     
Selain spa, makanan khas Padang, Sumatera Barat yakni rendang juga potensial untuk dipatenkan mengingat makanan itu sempat dinobatkan sebagai makanan paling enak dalam sebuah jajak pendapat di sebuah stasiun televisi Amerika Serikat, CNN.
     
Wisata kebugaran seperti spa dan wisata kuliner merupakan pelengkap yang paling dicari saat ini dalam dunia pariwisata karena memiliki ciri khas suatu tujuan wisata. (DWA)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013