Sukabumi (Antara Bali) - Badan Penyelamat Wisata Tirta Provinsi Bali berhasil menjadi juara umum lomba penjaga pantai bertajuk Kompetisi Lifeguard Balawista se-Jawa dan Bali yang dilaksanakan di Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

"Dari 150 atlet yang mengikuti kompetisi penjaga pantai ini, kontingen dari Bali berhasil meraih best atlet dan best tim. Sementara juara favorit diraih Kabupaten Sukabumi," kata Ketua Panitia Kompetisi Lifeguard Balawista, Erik Setiawan kepada Antara, Minggu.

Menurut dia, beberapa kategori kompetisi seperti long swim, run swim run dan lain-lain hampir seluruhnya dimenangkan oleh atlet-atlet Balawista Bali, sehingga berhak mendapatkan sejumlah penghargaan berupa piala.

Erik lebih lanjut menjelaskan, kontingen Bali dari awal sudah difavoritkan menjadi juara karena kemampuan para atletnya lebih maju dibandingkan dari daerah lain seperti Jakarta, Banten, Garut, Pangandaran dan Kabupaten Sukabumi.

Namun, tujuan digelarnya kompetisi secara rutin ini untuk meningkatkan kemampuan dan bertukar pengalaman di kalangan penjaga pantai di objek-objek wisata di Indonesia.

"Kompetisi ini merupakan kejuaraan rutin yang digelar balawista dan tahun depan akan dilaksanakan di daerah lain seperti Bali atau Pangandaran dan daerah-daerah yang memiliki objek wisata tirta," tambahnya. (*/ADT)

Pewarta: Oleh Aditya A Rohman

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013