Beijing (Antara Bali) - China sedang menjajaki pembangunan kawasan industri bersama dengan Indonesia, di Provinsi Guangxi, China, seiring dengan terus meningkatnya kerja sama ekonomi kedua negara.

Wakil Gubernur Guangxi Zhang Xiaoqin menyampaikan kemungkinan kawasan industri bersama Indonesia-China saat menerima Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Imron Cotan serangkaian kunjungannya ke Guangxi, 18-20 Mei 2013.

Zhang Xiaoqin mengatakan saat ini Pemerintah Daerah Guangxi sedang membangun kawasan industri di Kota Fangchenggang. Kemungkinan Fangchenggang Industrial Park dapat dijadikan "Kawasan Industri Indonesia-China" di Guangxi.

Sementara itu, Sekretaris Partai Komunis China Kota Fangchenggang Liu Zhengdong mengatakan Fangchenggang merupakan kota yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan kota lain di China antara lain lokasinya yang sangat berdekatan dengan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.

"Meskipun kota ini relatif kecil, bisa dikatakan mempunyai hubungan dagang yang sangat erat dengan Indonesia, karena pada tahun lalu 90 persen impor mereka dari ASEAN berasal dari Indonesia. Di samping itu, 90 persen batubara yang digunakan pada power plant di kota ini juga didatangkan dari Indonesia," tuturnya.

"Diharapkan kawasan industri yang ada dapat juga menjadi tempat pemrosesan produk mineral dan sebagai basis logistik," katanya. (*/ADT)

Pewarta: Oleh Rini Utami

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013