Denpasar (Antara Bali) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali memutuskan tetap menggelar debat kandidat putaran ketiga yang akan disiarkan langsung Metro TV pada 10 Mei 2013, meskipun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sudah mengajukan usulan untuk meniadakan debat itu.

"Debat dilanjutkan sesuai rencana, menjalankan kesepakatan, sesuai dengan kesepakatan bersama pada 13 April," kata Ketua KPU Bali Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, usai menggelar rapat pleno, di Denpasar, Kamis.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan kedua pasang kandidat Anak Agung Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta dapat menghadiri acara debat kandidat tersebut. "Jika ternyata salah satu pasangan nanti tidak hadir, debat juga tetap dilaksanakan," tegasnya.

Lanang juga menyebut persiapan teknis dari KPU Bali dan Metro TV sudah selesai semuanya sehingga debat kandidat diputuskan jalan terus. "Undangan sudah kami edarkan sedangkan pihak Metro TV juga sudah memasang peralatan, jadi debat tetap dilanjutkan," ujarnya.

PDIP sebelumnya bersurat kepada KPU Bali yang pada intinya menolak untuk dilaksanakannya debat kandidat. Dasar alasannya karena pada saat yang bersamaan diadakan persembahyangan bersama dengan konstituen untuk menyukuri perjalanan kampanye paket Puspayoga-Sukrawan telah berjalan lancar dalam suasana kedamaian.

Wakil Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto pada Rabu (8/5) menyatakan partainya mengusulkan tidak digelar debat kandidat putaran ketiga karena menurutnya dalam masa kampanye tahapan pilkada yang sudah baik, hendaknya diisi dengan hal-hal yang sifatnya membangun keharmonisan.

Baginya, debat yang dilaksanakan dua kali (disiarkan TV One dan tiga stasiun televisi lokal) sudah memenuhi agenda KPU sebagai upaya pendidikan politik dan penyampaian visi misi. (LHS)

Pewarta: Oleh: Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013