Toronto (Antara Bali) - Produk makanan dan minuman Indonesia mampu bersaing di pasar Kanada, asalkan produknya bisa memberikan nilai tambah kepada konsumen dan punya keunikan.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Konjen RI Toronto Julang Pujianto dalam acara pameran makanan dan minuman untuk pasar Amerika Utara (SIAL Canada 2013) di Toronto, Kamis.

Julang mengatakan cukup banyak produk Indonesia yang masuk ke Kanada sebagai bukti bahwa produk makanan/minuman Indonesia mampu bersaing di Kanada.

"Starbuck di Kanada itu menjual kopi luwak Indonesia, supermarket Kanada T&T juga sudah menjual produk kecap dan Indomie dari Indonesia, "katanya.

Ketua umum GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia) Adhi Lukman mengatakan, setelah survei ke beberapa pasar di Toronto dan melihat produk makanan yang disediakan, ia
melihat banyak produk Indonesia yang kualitas, rasa, dan pengemasan jauh lebih baik dibandingkan dengan produk-produk negara lain.

"Dari tiga hari pameran di SIAL Canada 2013 cukup banyak pembeli potensial yang datang ke booth Indonesia untuk menjajaki produk yang kami pasarkan," kata Adhi Lukman, yang juga Direktur PT Niramas Utama, yang menjual produk Nata De Coco, Aloevera, Jelly. (LHS)

Pewarta: Oleh: Adi Lazuardi

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013