Jakarta (Antara Bali) - Festival Film Eropa (Europe on Screen) 2013 ingin menghadirkan citra baru mengenai film-film Eropa yang selama ini dikenal kaku dan monoton dengan visualisasi cerita yang kaya nilai-nilai budaya serta unsur hiburan.

"Sebenarnya terdapat dua aspek, salah satunya keanekaragaman budaya Eropa dan pesan. Namun, selama ini, film Eropa selalu dikenal kaku, padahal jika dilihat film Eropa memiliki sense hiburan yang tinggi," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Julian Wilson pada jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Film-film Eropa, kata Wilson, tidak hanya kuat dalam megangkat ciri kebudayaan dan menyampaikan pesan kehidupan. Namun, di sisi lain, sineas Eopa mampu memberikan unsur estetika yang memberikan hiburan bagi penonton.

Tidak hanya film-film Hollywood, ujar Wilson, yang mampu melahirkan film-film berkualitas dan popular di tengah masyarakat dunia. Eropa juga memiliki serial film seperti James Bond dan Transporter yang mendunia. "Eropa dengan beranekaragamnya ilmu dan kerativitas melahirkan banyak film bagus," ujarnya.

Pada Festival Film Eropa 2013 yang akan berlangsung 3--12 Mei di tujuh kota di Indonesia, Wilson juga sempat menyoroti film animasi untuk anak-anak "Animal United" (Jerman). "Anda juga harus melihat flm kartun barusan, yang penuh canda tawa, haha, untuk mengenal film Eropa" ujarnya. (*/M038)

Pewarta: Oleh Indra Arief Pribadi

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013