Malang (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tahun ini membangun kandang sapi perah terpadu dengan anggaran Rp1,2 miliar di Desa Bambang.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang Sujono, Senin mengatakan kandang sapi perah terpadu di Kecamatan Wajak itu untuk pengembangbiakan sapi perah yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.

"Selain itu, kandang ini juga kami arahkan untuk pengadaan bibit sapi bersertifikat oleh pemkab, sebab sampai saat ini pemkab belum bisa mengeluarkan bibit sapi bersertifikat," katanya.

Padahal, lanjutnya, adanya sertifikasi pada bibit sapi itu akan menjadi jaminan jika sapi yang beredar di masyarakat merupakan sapi jenis unggul dan bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya, termasuk kesehatannya.

Lebih lanjut Sujono mengatakan, kandang sapi terpadu tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare yang mampu menampung sapi perah sekitar 68 ekor, dengan rincian 50 ekor sapi induk, anak sapi (pedet) 11 ekor dan kandang karantina untuk 7 ekor sapi. (*/DWA)

Pewarta:

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013