Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana menggelar Uji Publik Pilkada Bali 2024 dengan mendatangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali untuk berdiskusi mirip debat.

Ketua BEM Universitas Udayana I Wayan Tresna Suardiana di Kabupaten Badung, Kamis, mengatakan uji publik ini sudah semestinya dilakukan agar kampus mengambil peran dalam pembangunan di pemerintahan Provinsi Bali ke depan.

“Pasca pemilihan nanti, Universitas Udayana berkomitmen mengambil peran baik di tenaga ahli ataupun di tempat strategis lainnya, lulusan-lulusan Unud bisa mengambil peran untuk Provinsi Bali,” ucap Tresna.

Dalam uji publik hari pertama, kampus tertua di Bali ini mengundang paslon nomor urut 1 Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana, dimana keduanya diberi pertanyaan oleh tiga panelis serta dua mahasiswa dengan salah satu tuntutan membangun pusat olahraga di Universitas Udayana.

Tuntutan pembangunan pusat olahraga tersebut dilontarkan salah satu anggota BEM Universitas Udayana yang menilai sebagai kampus terbesar di Bali semestinya infrastruktur penting itu tidak terlewatkan.

Merespon hal tersebut, Calon Gubernur Bali Nomor Urut 1 Made Muliawan Arya akhirnya melontarkan janjinya akan membangun pusat olahraga disana apabila menang Pilkada Bali.

“Masalah sport center saya suka olahraga dan jiwa saya di olahraga jadi pusat olahraga di Unud kami berkomitmen kami diberikan mandat jadi itu program prioritas kami,” ucapnya.

De Gadjah, sapaan akrabnya, mengatakan yang ia sampaikan bukan omong kosong atau janji politik belaka, melainkan komitmen yang akan direalisasikan sehingga menjamin mahasiswa tidak perlu khawatir.

Selain pertanyaan tersebut, Uji Publik Pilkada Bali 2024 ini diisi pertanyaan-pertanyaan dengan topik sosial, politik, dan hukum, pangan, pertanian, dan lingkungan hidup; serta kepemudaan dan pendidikan.

Setelah ini, Unud akan melanjutkan uji publik dengan menghadirkan pasangan calon nomor urut 2 yaitu Wayan Koster-Giri Prasta untuk melakukan diskusi serupa pada Jumat, 11 Oktober 2024 besok.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024