Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar melaksanakan pemantauan stok beras di gudang Bulog, Sempidi, Badung, Bali, Kamis untuk memastikan ketersediaan stok beras menjelang Hari Suci Galungan dan Kuningan.
 
Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Kota Denpasar I Gusti Ayu Ngurah Raini menjelaskan pemantauan stok beras oleh TPID Kota Denpasar ini sebagai upaya memastikan ketersediaan beras terutama menjelang Hari Suci Galungan dan Kuningan. Sehingga saat memasuki rangkaian hari raya nanti, ketersediaan beras di Kota Denpasar dapat dipastikan cukup.
 
"Dari data yang kami peroleh, stok beras Bulog yang akan didistribusikan ke wilayah Kota Denpasar tergolong masih aman dan cukup untuk empat bulan ke depan terutama menjelang hari suci Galungan dan Kuningan," ungkap Raini.
 
Sementara itu, Asisten Manajer Pelayanan Publik Bulog Bali Dewa Ayu Widiastuti menerangkan Stok Beras Bulog di Gudang Bulog Sempidi sebanyak 1.000 ton lebih dengan harga beras Rp11.000/kg.

Baca juga: Pemkab Buleleng gelar pasar tani jelang Hari Raya Galungan
 
Jumlah ini masih tergolong aman sampai empat bulan ke depan. Sementara untuk stok Beras premium kurang lebih sebanyak 600 ton dengan harga Rp72.500 per 5 kg.
 
"Saya dapat mengatakan stok beras untuk empat bulan ke depan sangat aman, jadi stok beras tercukupi saat Hari Suci Galungan dan Kuningan nanti," katanya.
 
Dalam kesempatan ini, pihaknya pun menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembelian panik atau khawatir kurangnya ketersediaan beras khususnya di Kota Denpasar. Hal ini lantaran stok beras relatif masih aman untuk empat bulan ke depan atau sampai akhir tahun.
 
"Bulog juga terus berkoordinasi dengan TPID Kota Denpasar mendistribusikan beras untuk dikirim ke Pasar Murah dan Bazar Pangan untuk menjamin ketersediaan di tengah masyarakat di Kota Denpasar," pungkasnya.
 
Pemantauan stok beras dipimpin Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Ngurah Raini bersama Kadis Perindag Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari, Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar I Wayan Putra Sarjana, serta perwakilan OPD dilingkungan Pemkot Denpasar yang tergabung ke dalam TPID Kota Denpasar.
 
Kehadiran Tim TPID Kota Denpasar diterima langsung Asisten Manajer Pelayanan Publik Bulog Bali Dewa Ayu Widiastuti didampingi Kepala Gudang Bulog Sempidi Ahmad Ivan.

Baca juga: Pemprov Bali utamakan ketersediaan komoditas saat Galungan

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024