Peserta Pilkada Bali 2024 mengaku saling bertegur sapa dan bercanda selama tahap pemeriksaan kesehatan di RSUD Bali Mandara di Denpasar, Minggu.

“Kami (kedua bakal pasangan calon) baik-baik saja tidak ada masalah, kami bercanda dan bertegur sapa, semua baik-baik saja ini namanya demokrasi berkompetisi, tidak ada lawan,” kata bakal calon Gubernur Bali Made Muliawan Arya.

Pasangan Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana atau Mulia-PAS mengatakan tes yang berlangsung sekitar 7 jam itu berlangsung lancar dan tidak ada ketegangan diantara seluruh peserta.

Ia mengakui sebagai pendatang baru dalam Pilkada Bali, pemeriksaan kesehatan ini yang pertama kali, namun sebelumnya ia pernah menjalani tes kesehatan untuk pencalonan legislatif.

“Pemeriksaan kesehatan komplit mungkin kami pertama, pernah sebelumnya tapi untuk kepentingan ini pertama kali, tapi kami jalani seperti hari-hari biasa sana tidak ada persiapan apa-apa,” ujarnya.
Peserta Pilkada Bali Wayan Koster-Giri Prasta usai pemeriksaan kesehatan di Denpasar, Minggu (1/9/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari


Kedekatan para peserta Pilkada Bali juga diakui Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Wayan Koster-Giri Prasta.

“Wah itu kan kami kawan semua, kalau De Gajah (Muliawan) sudah seperti adik, seperti saudara sendiri, dekat, tidak ada apa-apa, biasa,” kata Wayan Koster.

Ia dan Giri Prasta justru dapat menyelesaikan pemeriksaan lebih awal yaitu sekitar 7 jam, meskipun tes saat ini dirasa lebih banyak daripada saat dirinya tes kesehatan di periode pertama.

Kepada media, ia bercerita bahwa pemeriksaan di RSUD Bali Mandara untuk Pilkada Bali 2024 lebih lengkap dengan fasilitas dan alat lebih banyak jika dibandingkan kegiatan yang sama yang pernah ia lakukan.

“Ini begitu lengkap komprehensif sekali dan jujur saya sangat senang karena jadi tau kondisi kita secara keseluruhan yang sepatutnya jadi perhatian serius dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

“Apalagi menjadi calon kepala daerah yang akan memikirkan banyak beban permasalahan yang harus diselesaikan dengan baik,” sambungnya.

Untuk diketahui setelah kedua pasangan calon menyelesaikan pemeriksaan fisik, Wayan Koster-Giri Prasta dan Mulia-PAS dijadwalkan datang lagi ke RSUD Bali Mandara pada Senin, 2 September 2024 besok untuk tes lanjutan berupa tes kejiwaan.



Baca juga: KPU tetapkan jadwal tes kesehatan paslon di RS Bali Mandara

Baca juga: RSBM lakukan tes kesehatan pertama bakal paslon Pilkada 2024

Baca juga: RSUD Bali Mandara mulai periksa kesehatan dua bakal paslon Pilkada Bali

Baca juga: RS Bali Mandara pastikan tak ada perlakuan khusus bagi cagub


 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024