Ketua TP PKK Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menyebut angka stunting di Kabupaten Tabanan turun dari 8,2 persen menjadi 6,3 persen pada tahun 2024. 

"Untuk kedepannya kami menargetkan angka stunting bisa lebih turun lagi menjadi 5 persen, sehingga, apa yang kita cita-citakan bersama agar stunting di Kabupaten Tabanan bisa tuntas," katanya di Tabanan, Selasa.

Sehubungan dengan hal tersebut upaya untuk lebih memperkuat komitmen terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, Ketua TP PKK Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya kembali melaksanakan kegiatan aksi sosial Program Menyapa dan Berbagi. Program ini menargetkan sepuluh kecamatan di Kabupaten Tabanan. 

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, dalam aksi sosial ini pihaknya memberikan bantuan di masing-masing Kecamatan yang ada wilayah Tabanan yakni, untuk 20 orang ibu hamil, 25 balita gizi kurang, 25 orang lansia, 30 orang penyandang disabilitas dan penderita kanker berjumlah enam orang. 

Bantuan yang diberikan berupa sembako,  susu untuk ibu hamil, susu kalsium, kacang hijau, telur, minyak goreng. Ada juga bantuan lainnya seperti kursi roda, alat bantu dengar, tongkat dan walker bagi penyandang disabilitas. 

"Pemberian bantuan ini diharapkan dapat berfungsi sebagai solusi konkret terhadap berbagai kendala yang dihadapi masyarakat Tabanan, " imbuhnya. 

Dalam melaksanakan program ini, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menggandeng beberapa pihak terkait seperti Kepala Dinas Sosial P3A, para Camat, Ketua TP PK Kecamatan Penebel dan Kerambitan, Pengurus YKI Tabanan, dan K3S Tabanan.

"Sinergi antara berbagai pihak ini bertujuan agar bantuan menyasar lebih tepat kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, juga memperkuat komitmen bersama untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada, " katanya. 

Sementara itu, di sela-sela kegiatan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya program ini dengan harapan agar bantuan yang diberikan dapat meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan. 

Ia juga menekankan pentingnya kerja sama antara berbagai instansi pemerintah dan organisasi sosial dalam mengatasi masalah-masalah sosial dan kesehatan di Kabupaten Tabanan.

"Dari PKK saya ingin mensosialisasikan masalah stunting, karena itu merupakan program pokok PKK tahun ini. Untuk masalah stunting, saya mengucapkan matur suksema atas sinergi dari semua stakeholder terkait dalam penanganannya, karena atas sinergi ini, saya dan Bapak Bupati diberikan penghargaan oleh pusat. Dinobatkan sebagai Orang Tua Hebat Tingkat Nasional dan juga diberi penghargaan Manggala Karya Kencana," kata Bunda Rai. 

 

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024