Pembukaan Bali Padma Bhuwana IV digelar Bali Bhuwana Bhakti (Global Collaboration Movement) bertajuk Manah-Wak-Manu (Voices of Noble Sincerity) yang dipanggungkan karya cipta teranyar ISI Denpasar bergenre musik-vokal bernama Wajrasangita. 

"Wajrasangita dicipta berdasar konsepsi garbahita musik-vokal dialog artistika bunyi instrumen dengan tembang paraga. Diri panembang dan pemusik termuliakan ke dalam kualitas artistika sajian. Wajrasangita merupakan arsitektural pergelaran baru, memposisikan panembang dan pemusik pada capaian kualitas tertinggi," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Kun Adnyana dalam keterangan tertulisnya yang di terima di Denpasar, Kamis.

Wajrasangita merupakan pertunjukan seni yang memadu rasa nilai budaya Jawa, Bali dan Barat melintas batas. Pergelaran melibatkan maestro Ni Nyoman Tjandri, Retno Maruti, dosen ISI Denpasar Prof. Desak Suarti Laksmi, Dr. Gusti Sudarta, Dr. Ketut Garwa, Ketut Sumerjana, M.Sn, Ni Komang Sekar Marhaeni, M.Si, Suminto, M.Si.

Selain itu juga melibatkan Sang Nyoman Gede Adi Santika, M.Sn, Putu Tiodore Adibawa, M.Sn., Dwi Andika Putra, M.Sn., Lukita Wiweka, M.Sn., dan Guntur Prasetyo, M.Sn, Nik Suasti, S.Sn, serta mahasiswa Program Studi Seni Karawitan, Musik, dan Pedalangan ISI Denpasar. 

Terkhusus pada pergelaran meraya pembukaan Bali Padma Bhuwana IV, meluhurkan kebangkitan manusia mulia melalui nuwur suksmaning rahayu terhadap Jayeng Negari, Proklamator Bung Karno-Hatta, Pendidik Bangsa Ki Hajar Dewantara, Pamerdeka Bali Pulina Gusti Ngurah Rai, Pengawi Mahagita W.R. Soepratman dan Mahaguru Pengawi Chairil Anwar. Suksma Ning Rahayu membumikan tema: Manah-Wak-Manu = Voices of Noble Sincerity”.

Sementara itu Guru Besar Bidang Seni Karawitan Prof Komang Sudirga menerangkan secara struktur pertunjukan Wajrasangita memiliki penamaan dan pola khas yang genial. Tahap Pamungkah gamelan Gong Gede dan Vokal; Panenget kolaborasi Kidung Gusti Sudarta, Kalangendrian Retno Maruti, dan Palawakya Nyoman Tjandri; Paraga mini orkestra Barat; dan Pamuncak Music Fusion serta korus Indonesia. 

"Sedikit seniman yang berani bertaruh untuk hanya menampilkan musik dan vokal dalam konser. Musik dan vokal, keduanya bermedium audial, ketika ini dipanggungkan membutuhkan tata tampil yang kompleks. Pergelaran Wajrasangita tertata apik penuh kharisma, tata kostum gemilau berkarakter, tiap struktur tertaut padu dan harmonis, juga visualisasi artistika digital pada tayangan LED proyektor," kata  penulis dan penyair Warih Wisatsana.

Digenapi Pameran Fotografi Internasional

Bali Padma Bhuwana IV digelar pula sebuah pameran internasional Bali Bhuwana Kanti (International Photo Exhibition) yang menampilkan 86 karya fotografi dari 16 negara. 

Pameran internasional ini dihadiri J.R Schnelzer (President of Photographic Society of America (PSA) Worldwide) dan Agatha Anne Bunanta (The International Relationships Vice President of PSA Worldwide).

Ketua panitia pameran Dr I Made Bayu Pramana menyampaikan pameran bertajuk Nara Bhuwana Charma (Human Expression Around the World) merupakan kerja sama ISI Denpasar dengan PSA. Karya fotografi yang ditampilkan representasi jelajah tematik tentang kemanusiaan yang membumi. 

"Rona fotografi yang dipamerkan mengundang kagum sekaligus simpati betapa beragam warna kehidupan masyarakat dunia. Secara teknikal fotografi, sajian pameran internasional ini akan menjadi studi visual penting bagi mahasiswa dan pencinta fotografi Bali," ujar Agatha, kurator pameran.

Pada pameran ini juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara ISI Denpasar dengan Art Photography of Indonesia Foundation, yang ditandatangani oleh Rektor ISI Denpasar dengan Agatha Anne Bunanta, disaksikan Presiden PSA J.R Schnelzer dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama ISI Denpasar Prof. Komang Sudirga.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024