Sebanyak 1.930 calon mahasiswa baru (camaba) Universitas Indonesia (UI) lolos melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan seleksi jalur prestasi (SJP).

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia di Kampus UI Depok, Selasa, mengatakan tahun ini peserta yang mendaftar pada jalur PPKB untuk Program Pendidikan Vokasi mengalami peningkatan dari tahun 2023, dari sebanyak 1.497 peserta menjadi 1.830 pendaftar.



Dari jumlah camaba yang diterima, tercatat 1.859 camaba lolos lewat jalur PPKB, sedangkan 71 mahasiswa baru lainnya dari jalur SJP.

Baca juga: Universitas Indonesia juara dunia CIOB Global Student Challenge 2024

Namun, untuk pendaftar jalur PPKB pada program sarjana pada tahun ini sebanyak 10.980 pendaftar, sedangkan tahun 2023 untuk PPKB Sarjana (reguler dan non- reguler) tercatat 11.773 peserta.

Tahun ini, jalur PPKB mendapat penambahan daya tampung. Hal tersebut didapatkan dari camaba yang lolos jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024, namun mereka tidak melakukan pendaftaran ulang.Baca juga: UI raih kampus paling berkelanjutan se-Asia

Pengumuman camaba UI yang berhasil lolos jalur PPKB dan SJP dapat dilihat melalui laman penerimaan.ui.ac.id/ppkb untuk PPKB dan penerimaan.ui.ac.id untuk SJP.

Amelita mengatakan kuota penerimaan lewat SJP juga meningkat. Tahun ini UI menerima 71 camaba dari 528 pendaftar, sedangkan tahun lalu sebanyak 65 camaba dari 269 pendaftar.


Pewarta: Feru Lantara

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024