Denpasar (Antara Bali) - Asosisasi Ahli Kuliner Indonesia atau Indonesian Chef Association (ICA) Bali mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat pasar penampungan khusus bagi produk pertanian asparagus yang dihasilkan oleh para petani di wilayah Plaga, Kabupaten Badung.

"Pasar penampungan asparagus itu kami usulkan di sekitar kawasan Beringkit, karena lebih dekat," kata DPD Ketua ICA Bali Komang Adi Arsana, di Denpasar, Senin.

Sebab dengan adanya pasar itu maka hasil pertanian yang sangat baik untuk dimanfaatkan oleh pihak industri pariwisata itu, dapat diperoleh dengan mudah oleh para juru masak hotel yang membutuhkannya.

Akan tetapi selama ini para juru masak tidak bisa langsung membeli hasil pertanian sebab hotel  membeli lewat penyedia barang.

"Kami menyarankan untuk membuat pasar penampungan itu supaya para suplier bisa membeli di tempat itu karena harganya lebih murah," ucapnya.

Harganya jauh lebih murah dibandingkan di pusat perbelanjaan yang bisa mencapai Rp160 ribu sedangkan jika dipasar tersebut bisa di bawah Rp100 ribu. "Selain itu keberadaan pasar itu tentunya dapat membantu para petani memasarkan asparagus sehingga pendapatan mereka pun semakin meningkat," ucapnya. (IGT/T007) 

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013