Pemerintah Provinsi Bali menggandeng Forum Maritim Bali untuk berkolaborasi menjembatani program-program pemerintah dan sekaligus dapat memajukan sektor perikanan di Pulau Dewata.

"Bagaimanapun juga, pembangunan kelautan dan perikanan di Bali tidak saja dilaksanakan oleh pemerintah, tetapi melalui partisipasi masyarakat," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bali I Ketut Sumardiana di Mangupura Kabupaten Badung Bali, Selasa malam.

Sumardiana dalam acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Forum Maritim Bali serta Pemilihan Kid's dan Duta Maritim Bali tersebut memandang Forum Maritim Bali merupakan mitra yang dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah, dan menjembatani program-program pemerintah agar bisa terlaksana.

"Forum Maritim Bali ini kan terdiri atas unsur pengusaha, nelayan, pembudidaya, dan unit pengolahan. Jika sudah bersinergi, maka regulasi dan kebijakan pemerintah juga bisa dikerjakan bersama-sama," katanya.

Pada kesempatan itu, Sumardiana juga menginginkan agar Bali tidak hanya dikenal dari sektor pariwisatanya, tetapi juga dari sektor perikanan dan kelautan.

Karena itu, pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kelestarian laut, terlebih karena di Bali itu laut memang disucikan dan menjadi sumber penghidupan.

"Makanya ada program Bulan Cinta Laut, yakni aktivitas bakti sosial bersih-bersih laut setiap bulan dengan melibatkan berbagai pihak. Mulai dari masyarakat pesisir, dan pemerintah," ujarnya sembari mengatakan juga dilakukan pelestarian biota laut dan terumbu karang.

Sementara itu, Ketua Forum Maritim Bali Ketut Adil Darme Yase menyampaikan, dibentuknya forum yang telah berdiri selama empat bulan terakhir ini untuk menyikapi potensi sumber daya alam kelautan dan perikanan di Bali yang belum tergarap maksimal.

"Potensi kelautan dan perikanan, mulai dari pesisir pantai, konservasi, kawasan mangrove, serta perikanan yang terkandung. Selain itu, perikanan budidaya juga memiliki peluang yang menjanjikan, seperti budidaya rumput laut, lobster hingga udang," katanya.

Selanjutnya, dari potensi sumber daya manusia (SDM) dan pelaku usahanya membuka peluang bagi para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Semua potensi ini masih ada pekerjaan rumah -PR- besar yang perlu kita carikan solusi dengan prinsip saling gotong-royong, bergandengan tangan, sinergisitas dan seterusnya. Tentu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri," katanya lagi.

Tiga pekerjaan rumah yang menjadi perhatian yakni belum maksimalnya konsumsi ikan di Bali yang berdasarkan data BPS hanya 49 kg per tahun, padahal seharusnya 72 kg per tahun.

Selanjutnya persoalan pelaku usaha belum muncul sebagai sektor unggulan hingga isu sampah plastik.

Mengenai isu sampah plastik yang mengotori laut, Forum Maritim Bali mengajak pelaku usaha kecil, industri, pelaku peduli lingkungan hingga akademisi untuk terlibat dalam menyikapi isu ini.

"Kami sudah membuat sebuah film dengan melibatkan anak-anak hingga remaja terbaik Bali, untuk membangun sebuah kesadaran kolektif mulai dari hulu dalam menjaga kelestarian laut. Mulai dari anak-anak atau sejak dini juga harus ikut menjaga warisan sumber daya alam ini," kata Ketut Adil.

Sementara itu terkait pemilihan Kid's dan Duta Maritim kali ini adalah pemilihan yang perdana dan 25 peserta Kid's terbaik dinyatakan lulus dan sah sebagai Saka Maritim Angkatan pertama.

"Kami harapkan Kid's dan Duta Maritim terpilih mampu menjadi inspirator, edukator dalam mengkampanyekan gemar ikan dan menjaga kelestarian sumber daya perairan," ujarnya.
Kid's dan Duta Maritim Bali yang terpilih menjadi inspirator, edukator dalam mengkampanyekan gemar ikan dan menjaga kelestarian sumber daya perairan, ANTARA/Ni Luh Rhismawati.
Pemilihan Kid's dan Duta Maritim Bali merupakan kegiatan yang memberikan peluang seluas-luasnya bagi anak anak dan remaja untuk mengaktualisasikan kemampuan di bidang kelautan dan perikanan.

"Selain itu dituntut wajib memiliki kepribadian dan kecerdasan yang bagus serta wajib berpenampilan baik, fashionable dan memiliki keahlian modeling dan speaking yang baik," ucapnya.

Adapun juara kategori Kid's Maritim yakni Divha, Gusti Agung Ayu Ananda Triskajaya, Victoria Faye, Ni Kadek Keshia Suparta, Hitha Riyadi Tjong, Desak Gede Intan Kamaratih, IGA Kineta Adiaraya, I Dewa Ayu Gita Kirana Aruna Parta, dan I Dewa Ayu Dhira Wimala Ayunda Parta.

Sedangkan juara kategori Duta Maritim yakni AA Mas Prami Anindya Deviena, Ni Kadek Arvisca Chalisna Wistara, Ni Luh Ayu Kirana Wulandari, Ni Putu Dinda Prawika, Naraswari Putri, Sang Ayu Putu Sanjiwani, Putu Devi Cahya Nirmala, Kazya Mourenata, dan I Dewa Ayu Sri Kumala Dewi




 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024