Denpasar (Antara Bali) - Persediaan bahan makanan serta sembilan bahan pokok di wilayah Bali selama perayaan Hari Raya Nyepi dan Galungan dijamin aman sebab pendistribusiannya tidak terganggu.

"Persediaan bahan makanan menjelang dua hari raya umat Hindu itu aman karena pasokannya dari dalam dan luar Bali tidak ada gangguan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ida Bagus Ardana, di Denpasar, Jumat.

Berdasarkan pantauan, saat ini persediaan pangan di sejumlah pasar tradisional maupun modern masih tetap berlimbah walaupun harganya berfluktuatif.

Menurut dia, penyebab fluktuasi harga itu karena tergantung pada permintaan dan penawaran serta dipengaruhi oleh faktor alam, seperti kondisi cuaca.

Sebab biasanya faktor alam itu dapat mempengaruhi produksi serta penyalurannya. "Untungnya saat musim hujan ini, persediaan masih tetap baik sehingga tidak akan mempengaruhi persediaan bahan makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

Ardana mengatakan produksi pertanian lokal semuanya mampu memenuhi kebutuhan, kecuali beras karena daerah ini masih tergantung dari luar daerah. (IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013