PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Yayasan Rumah Pintar Cahaya Kasih, memberikan bantuan berupa 10 ribu bibit pohon produksi untuk masyarakat di dua desa di Kabupaten Buleleng, Bali.
 
Ribuan bibit pohon tersebut diberikan pada Kamis (20/6) di Lapangan Desa Madenan, Kabupaten Buleleng, Bali.
 
Penanaman bibit pohon secara simbolis dilakukan secara bersama-sama oleh Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, General Manager Telkom Witel Singaraja Gede Arka Puniatmaja dan Manager Shared Service & General Support Anak Agung Raka Wahyuni serta Kelompok Tani Desa Madenan dan Desa Les sebagai penerima bibit.
 
Bibit pohon Durian Kiraja, Alpukat Jebelo dan Manggis gempeng dengan total 10 ribu bibit direncanakan akan ditanam di area seluas lebih kurang 20 hektare yang tersebar di dua desa yakni Madenan dan Les Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. 
 
Bibit pohon diberikan kepada Kelompok Tani di dua desa tersebut sebagai penerima manfaat, yang telah melalui seleksi dan penilaian.
 
Mengambil tema “Menanam Pohon, Membangun Ekosistem” pemberian bibit ini merupakan langkah nyata Telkom yang selalu konsisten mendukung salah satu program tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) No. 15, yakni menjaga ekosistem darat. 
 
Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyampaikan terima kasih kepada Telkom Indonesia atas bantuan pemberian bibit pohon. Ia juga berpesan agar bibit-bibit pohon yang diberikan dirawat sebaik mungkin. 
 
Sementara itu, Gede Mustika sebagai kepala desa dan koordinator Kelompok Tani setempat, sejalan dengan pakta integritas yang telah ditandatangani, berkomitmen dan menyatakan siap untuk menanam, dan menjaga, serta merawat bibit pohon yang telah diberikan.
 
Sementara itu, General Manager Telkom Witel Singaraja Gede Arka Puniatmaja berharap kegiatan pemberian pohon ini dapat lebih sering dilakukan dan diikuti pihak lain sehingga memberikan manfaat nyata bagi lingkungan, sosial, dan perekonomian masyarakat Kabupaten Buleleng, terutama Desa Madenan dan Les.
 
"Selain untuk menjaga kelestarian alam dan bibit pohon varietas unggul, program ini juga membantu Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam percepatan pemerataan perekonomian masyarakat," katanya.
 
Gede Arka menambahkan saat ini, Telkom siap berpartisipasi untuk percepatan pembangunan desa, hal tersebut didukung dengan program digitalisasi baik bagi petani, UMKM maupun masyarakat umum. 
 
Dengan adanya jaringan internet dan platform digital, maka komunikasi antara petani di desa dan masyarakat di kota dapat terhubung dimana produk pertanian dapat terhubung dengan pasar secara digital seperti contohnya platform Agree dan Padi UMKM.
 
Adapun jenis pohon yang diberikan dalam program CSR ini bermanfaat dapat mencegah erosi dan tanah longsor. Selain itu, pemberian bantuan ini diharapkan membuat para petani lebih produktif dan meningkatkan kapasitas ekonomi. 
 
Lebih daripada itu, buah-buah yang dihasilkan nantinya dapat mendukung kegiatan produksi berbagai UMKM panganan maupun mendukung aktivitas agrowisata yang ada di Kabupaten Buleleng.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024