Badan Pengawas Pemilu Kota Denpasar, Bali, mengingatkan jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Denpasar untuk Pilkada Serentak tahun 2024 untuk menjaga netralitas.

Ketua Bawaslu Kota Denpasar I Putu Hardy Sarjana di Denpasar, Sabtu, mengatakan pentingnya netralitas pengawas pemilu itu karena merupakan modal yang sangat penting dan berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi.

"Kami mengingatkan agar Panwaslu Kecamatan bersama jajaran agar meneguhkan integritas, sehingga dapat menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak Panwaslu Kecamatan untuk bekerja sama dengan semangat tinggi dan tanggung jawab dalam menjaga demokrasi, serta memastikan pilkada berlangsung lancar, adil, jujur, aman dan transparan.

"Bawaslu dari tingkat pusat hingga daerah, termasuk Panwaslu Kecamatan memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan keabsahan pelaksanaan tahapan pilkada," ujar Hardy Sarjana.

Pilkada merupakan tonggak penting kehidupan berdemokrasi sehingga menjadi penting bagi semua pihak termasuk masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

Pelaksanaan pelantikan jajaran Panwaslu Kecamatan yang dilanjutkan dengan bimbingan teknis tersebut disaksikan Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Hadir pula Forkopimda Kota Denpasar, Ketua Majelis Desa Adat Kota Denpasar AA Ketut Sudiana, Ketua KPU Kota Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggraeni, komisioner Bawaslu Kota Denpasar serta undangan lainnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan Pilkada 2024 akan dilaksanakan secara serentak untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota atau Bupati dan Wakil Bupati pada 27 November 2024.

Pihaknya memberikan apresiasi ke Bawaslu Kota Denpasar yang telah mampu melaksanakan tahapan dengan menuntaskan seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan sehingga pada saat ini dapat dilaksanakan pelantikannya.

Dengan telah dilantiknya Panwaslu Kecamatan, diharapkan segera dapat melaksanakan tugasnya sesuai tahapan pilkada yang telah direncanakan, dengan harapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dapat terselenggara dengan baik dan sukses.

"Dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam (menyama braya/persaudaraan), semangat kebersamaan dan gotong royong menjadi filosofi kuat dalam menyongsong Pilkada Serentak tahun 2024," ujarnya.

Panwaslu Kecamatan yang baru saja dilantik itu diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik. "Mari kita dukung dan sukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024," ujar Wiradana.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024