Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali menjalani latihan pemadaman kebakaran (damkar) setelah beberapa hari lalu terjadi kebakaran di gedung lama hunian warga binaan.

"Upaya ini sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban serta penanggulangan bencana di lapas," kata Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II-A Kerobokan Kristyo Nugroho di Badung, Bali, Minggu.

Petugas lapas setempat mengikuti tata cara pemadaman api dan penyelamatan bila terjadi kebakaran yang diadakan di Lapangan Gusti Ngurah Rai di dalam kawasan lapas setempat.

Sebelum menjalani latihan, petugas melakukan pengecekan dan uji kelayakan seluruh alat pemadam api ringan (APAR) dan dilanjutkan pelatihan.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan pembekalan materi mengenai unsur api, proses terjadinya api, klasifikasi api, serta standar operasional prosedur dan perawatan APAR. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan petugas dalam menghadapi situasi darurat, serta meningkatkan pengetahuan tentang tata cara pemadaman api dan penyelamatan saat terjadi kebakaran," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Pramella Y Pasaribu menilai pentingnya pelatihan damkar tersebut karena lapas memiliki risiko tinggi.

"Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kesigapan dan keterampilan petugas dalam menghadapi situasi darurat, khususnya kebakaran," katanya.

Sebelumnya pada Senin (25/3) sekitar pukul 16.00 Wita terjadi kebakaran di gedung lama lapas tersebut yakni Wisma Tirta Gangga.

Kobaran api melalap gedung yang saat itu dalam kondisi kosong dan dalam proses pembongkaran.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu karena gedung dalam kondisi kosong dan tidak ada aktivitas pembinaan.

Tiga unit kendaraan pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Kabupaten Badung dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut yang saat ini sedang diselidiki Polres Badung, Bali.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024