Kulon Progo (Antara Bali) - Pemerintah Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan program "Rumah Pangan Lestari" dalam rangka ketahanan pangan masyarakat.

Kepala Desa Sidoharjo, Budi Hartono di Kulon Progo, Selasa mengatakan, "Rumah Pangan Lestari" adalah kegiatan yang memanfaatkan lingkungan atau koplek sekitar rumah warga untuk ditanami pangan seperti sayuran dan pangan lokal.

"Cita-cita dengan adanya 'Rumah Pangan Lestari' yakni mewujudkan ketersediaan pangan di tengah masyarakat," kata Budi.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, kata Budi, pemerintah desa (pemdes) Sidoharjo akan membagikan polibag dan bibit sayuran kepada masyarakat setempat. Pembanginan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pekan depan bekerjasama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Menurut dia, "Rumah Pangan Lestari" merupakan upaya memberdayakan pangan lokal untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras.

"Pemdes Sidoharjo mendorong masyarakat mengembangkan tanaman pangan lokal seperti mbolo, gembili, ubi, singkong, dan talas, serta gadung. Pangan lokal ini mengantarkan Desa Sidoharjo sebagai desa mandiri pangan," kata dia. (*/DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013