Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan memerintahkan jajaran di kabupaten/kota agar jangan dulu merakit kotak suara untuk pemilu 14 Februari 2024.

“Kotak suara belum saya sarankan di setting (dirakit dan diatur sesuai kebutuhan, Red) karena takutnya daerah kita kan kelembabannya tinggi sehingga kotaknya jadi lemas,” kata dia di Denpasar, Selasa (19/12).

Saat ini diakui beberapa daerah sudah mulai merakit kotak suara, namun dipastikan KPU di daerah tersebut sudah memiliki plastik pembungkus, dan proses tersebut baru dimulai tiga hari lalu.

Lidartawan mencontohkan beberapa kabupaten yang tidak diizinkan merakit kotak suara saat ini seperti Bangli, di mana kabupaten yang berada di tengah-tengah Pulau Dewata itu merupakan dataran tinggi dengan kelembaban udara yang tinggi pula.

Selain itu juga Gianyar, di mana gudang KPU di kabupaten tersebut kondisinya panas tinggi sehingga tidak dianjurkan melakukan perakitan kotak sejak dini oleh petugas.

“Kotak suara baru kita perintahkan merakit bagi yang sudah punya plastik pembungkus, memang sudah ada tapi tidak semua, baru beberapa. Jadi begitu dirakit dibungkus dengan catatan di cek setiap hari,” ujar Lidartawan.

Jika disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara dikali lima jenis surat suara, maka KPU Bali dan jajaran nantinya harus merakit 64.045 kotak, dan saat ini menurut Lidartawan logistik tahap satu tersebut 100 persen sudah diterima kabupaten/kota.

“Untuk logistik tahap satu aman 100 persen di lapangan dan sudah mulai dilakukan sortir, kemudian diatur berdasarkan jumlah di masing-masing TPS misalnya tinta sudah diikat-ikat tinggal nanti begitu surat suara dan formulir selesai tinggal masukkan ke kotak,” kata dia.

Adapun logistik tahap satu terdiri dari kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel, sementara logistik tahap dua adalah surat suara, sampul dan formulir.

Untuk surat suara, saat ini jenis surat DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dicetak langsung di Bali, sementara jenis surat presiden-wakil presiden dan DPD difokuskan ke pusat sehingga belum 100 persen sampai ke gudang.

KPU Bali menargetkan seluruh surat suara sampai pada awal Januari 2024 sehingga pada 11 Januari seluruh logistik siap di gudang masing-masing kabupaten/kota.

Lidartawan memastikan seluruh logistik Pemilu 2024 berada terpusat di gudang, tidak ada pengerjaan di luar, adapun gudang tersebut antara lain milik KPU Denpasar di GOR Kompyang Sujana, Jalan Mahendradata 1 A Denpasar; KPU Badung di Jalan Gatot Subroto Barat No 400 x Ubung; KPU Tabanan di Jalan Ir Soekarno Nomor 50X Tabanan; KPU Jembrana di Civic Center Kantor Bupati Jembrana, Jalan Mayor Sugianyar 1 Nomor 9 Kelurahan Pendem.

Selanjutnya gudang KPU Buleleng di Jalan Pulau Dewata III, Desa Pemaron, Kecamatan Buleleng; KPU Bangli di Jalan Abimanyu LC Uma Bukal; KPU Karangasem di Jalan Nenas, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem; KPU Klungkung di Jalan Rama No 40; dan gudang KPU Gianyar di Jalan Udayana Br Sangging Buruan Blahbatuh.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023