Pada Senin (11/12/2023), Sejumlah peristiwa di Indonesia dan Provinsi Bali khususnya telah diberitakan Kantor Berita ANTARA Biro Bali.

Berikut rangkuman berita-berita yang mungkin anda lewatkan kemarin dan masih layak untuk disimak pagi ini.


1. Bali terima belanja negara 2024 sebesar Rp23 triliun

Pemerintah Provinsi Bali menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah (TKD) 2024 dengan total belanja negara sebanyak Rp23,604 triliun.

Selengkapnya di sini


2. OJK genjot sektor pertanian jadi prioritas di Bali

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali menggenjot rantai nilai dari hulu ke hilir sektor pertanian prioritas di Pulau Dewata untuk menopang perekonomian daerah.

Selengkapnya di sini


3. Ketua DPRD Bali dan Pj Gubernur dukung segera wujudkan terminal LNG

Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama dan Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mendukung agar pembangunan terminal liquid natural gas (LNG) di Sidakarya, Kota Denpasar segera terwujud sehingga Bali memiliki sumber energi mandiri.

Selengkapnya di sini


4. BI: Kebutuhan uang tunai di Bali jelang akhir 2023 sebesar Rp2,7 triliun    

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali memproyeksikan kebutuhan uang tunai di provinsi setempat pada akhir tahun 2023 atau menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 mencapai sebesar Rp2,7 triliun.

Selengkapnya di sini


5. BKPSDM Bali jamin tak ada calon titipan dalam seleksi JPT Pratama    

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bali Ketut Lihadnyana memastikan tidak akan ada peserta titipan dalam proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemprov Bali.

Selengkapnya di sini


6. Manfaatkan HP agar siswa di Bali mengenal tanaman obat keluarga

Tanaman obat keluarga atau toga semakin jarang didengar, bahkan para tenaga pendidik menemukan fenomena banyaknya siswa yang terasa asing dengan singkatan tersebut.

Salah satu sekolah dasar di Bali, SD Negeri 18 Dangin Puri, di Denpasar, merasa pengenalan soal toga di ruang kelas tidak efektif, tidak semenarik gadget yang digenggam para siswa.

Akhirnya mereka mencoba menjawab tantangan ini dengan membangun kebun edukasi dengan setidaknya 30 jenis tanaman obat sederhana yang mudah diingat siswa kelas 1 hingga kelas 6, ditambah pemanfaatan kode yang dipindai melalui telepon pintar untuk mengakses penjelasannya, sehingga mampu memantik minat untuk memahami tumbuhan.

Selengkapnya di sini


7. Poltekpar Bali bagikan ilmu pariwisata ke PNS di NTT

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali sebagai perpanjangan tangan Kemenparekraf membagikan ilmu kepariwisataannya ke PNS (pegawai negeri sipil) di lingkup Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selengkapnya di sini


8. Pemkot Denpasar - LPS buat pelatihan kuliner untuk 200 warga Serangan

Pemerintah Kota Denpasar Bali bersama Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) memfasilitasi pelatihan kuliner bagi 200 warga Desa Wisata Serangan Denpasar yang diharapkan dapat membawa kuliner setempat menjadi kuliner yang unggul, enak, higienis, dan menarik.

Selengkapnya di sini


9. Indonesia jadi Ketua Bersama Aliansi Mangrove Dunia

Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Ketua Bersama Aliansi Mangrove untuk Iklim atau Mangrove Alliance for Climate (MAC) yang beranggotakan 34 negara di dunia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat melaksanakan lawatan ke Dubai, Uni Emirat Arab, berkaitan dengan Konferensi Para Mitra ke-28 atau COP28.

Selengkapnya di sini


10. TikTok Shop Indonesia dan GoTo jalin kerja sama

Ekosistem digital Indonesia PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. resmi mengumumkan kemitraan strategis bersama platform hiburan TikTok untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional.


Selengkapnya di sini


11. PLN UID Bali raih penghargaan emas di ajang Bali BUMN CSR Award 2023

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali meraih penghargaan emas pada ajang Bali BUMN CSR Award 2023, berkat berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang dijalankan dengan mengusung tema-tema mendukung pembangunan berkelanjutan.

Selengkapnya di sini


12. Penglipuran festival 2023 usung "Bamboo Paradise"    

Penglipuran Vilage Festival X Tahun 2023 mengusung tema Bamboo Paradise Green Investment For Future Generation yang memiliki makna bahwa bambu dianggap sebagai sumber ketenangan dan kedamaian.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Widodo Suyamto Jusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023