PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali meraih penghargaan emas pada ajang Bali BUMN CSR Award 2023, berkat berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang dijalankan dengan mengusung tema-tema mendukung pembangunan berkelanjutan.

"Program CSR PLN Bali mengacu kepada arahan Kementerian BUMN. Pelaksanaan TJSL berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Senior Manajer Komunikasi dan Umum PT PLN Unit UID Bali Krisantus Hendro Setyawan di Denpasar, Senin.

Selain itu, pelaksanaan TJSL juga berpedoman pada ISO 26000, sehingga pelaksanaan program TJSL dapat terukur dan terarah. Oleh karena itu, PLN konsisten selama enam tahun berturut-turut meraih penghargaan di ajang Bali BUMN CSR Award.

Pada ajang tahunan yang digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali belum lama ini, Krisantus yang menerima secara langsung penghargaan tahunan tersebut juga menjelaskan fokus rencana dan sasaran pelaksanaan program CSR PLN di tahun 2024.

Ia menambahkan CSR PLN UID pada 2024, kurang lebih hampir sama dengan sebelumnya fokus pada bidang ekonomi dan sosial dan penyusunan program TJSL tersebut dimaksudkan untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Daerah Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa atau yang dikenal dengan Arya Wedakarna mengatakan PLN konsisten dalam enam tahun terakhir khususnya pada program sosial dan lingkungan.

Ia mengapresiasi PLN yang sasaran program-programnya makin diperluas, yakni kepada masyarakat adat dan sekolah.

"PLN ini sangat konsisten dalam enam tahun terakhir, jadi tidak terkejut PLN mendapatkan nilai tertinggi, bahkan pernah mendapatkan Platinum. Jadi, saya harap BUMN yang ada di seluruh Bali meniru PLN, sangat profesional well done, saya senang semoga menjadi perhatian," ucapnya.

Sebelumnya, PLN UID menerima kunjungan penilaian dari tim penilai BUMN CSR Award pada September 2023. Terdapat indikator penilaian yang menjadi fokus dari tim penilai pada tahun 2023,  antara lain ekonomi, lingkungan, sosial, hukum, sosial media.

Tahun 2023, PLN mengalokasikan sasaran penyaluran TJSL atau CSR pada bidang lingkungan yang mencapai 37 persen, bidang ekonomi 32 persen dan bidang sosial 30 persen.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023