Pada Kamis (7/12/2023), Sejumlah peristiwa di Indonesia dan Provinsi Bali khususnya telah diberitakan Kantor Berita ANTARA Biro Bali.

Berikut rangkuman berita-berita yang mungkin anda lewatkan kemarin dan masih layak untuk disimak pagi ini.


1. KKP awasi pintu penyelundupan benih lobster di Bandara Ngurah Rai

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan melakukan peninjauan alur perjalanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk memastikan pengawasan terhadap potensi penyelundupan benih bening lobster lewat jalur udara.

Selengkapnya di sini


2. Bandara Ngurah Rai tegaskan dukungan cegah penyelundupan benih lobster

Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menegaskan dukungan untuk mencegah penyelundupan benih bening lobster yang saat ini menjadi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selengkapnya di sini


3. LBH Bali WCC dan perempuan Bali diskusi menuju 16 HAKTP

Lembaga bantuan hukum yang khusus menangani permasalahan perempuan dan anak di Bali mengadakan diskusi untuk mendapat gambaran tentang perempuan Bali sebagai rangkaian menuju 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP).

“Kami ingin memotret kisah perempuan terutama tentang kekerasan, ketimpangan ekonomi, ketidakadilan gender, dan kemiskinan,” kata Pendiri Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bali Women Crisis Centre (WCC) Ni Nengah Budawati di Denpasar, Kamis.

Selengkapnya di sini


4. Menteri Kelautan dan Perikanan minta kawasan konservasi bebas aktivitas kapal

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono meminta jajarannya dan pemerintah daerah memastikan kawasan konservasi bebas dari aktivitas kapal laut agar ekosistem di dalamnya terlindungi dari ancaman kerusakan.

“Ini tidak boleh ada lintasan masyarakat memancing ikan, lintasan kapal yang melintas di wilayah itu,” kata Menteri Sakti di sela memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2023 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Selengkapnya di sini


5. Menteri PPPA: Keamanan transportasi penting bagi perempuan wisman

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan penting adanya perlindungan terhadap keamanan bagi wisatawan, kaum perempuan dan anak-anak saat menggunakan moda transportasi publik untuk menjaga citra pariwisata Bali.

Selengkapnya di sini


6. TPA Sente di Klungkung ditutup    

Pelaksana Tugas Bupati Klungkung I Made Kasta memutuskan untuk menutup Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sente di Desa Pikat, Kecamatan Dawan, karena volume sampahnya sudah melampaui daya tampung fasilitas.

Selengkapnya di sini


7. BBPOM Denpasar: Perlu edukasi masyarakat desa di Bali soal obat tradisional    

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Denpasar I Gusti Ayu Adhi Aryapatni menyampaikan masih diperlukan langkah edukasi khususnya pada masyarakat desa di Bali terkait penggunaan berbagai jenis obat tradisional.

Selengkapnya di sini


8. Polda Bali selidiki dugaan eksploitasi lumba-lumba yang diungkap WNA

Kepolisian Daerah Bali mendalami adanya dugaan eksploitasi lumba-lumba berdasarkan viralnya video yang diungkap oleh seorang warga negara asing dalam sebuah akun youtube.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan dalam keterangannya di Denpasar, Kamis mengatakan pendalaman yang dilakukan pihak kepolisian untuk mengecek fakta viralnya konten youtube warga Jerman Robert Marc Lehman tentang dugaan eksploitasi lumba-lumba oleh PT. Taman Benoa Bali Exotic Marine Park.

Selengkapnya di sini


9. Pemprov Bali raih penghargaan dari BPS lewat dua giat statistik

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali meraih penghargaan Anugerah Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Satuan Kerja Terbaik I Kategori Pemerintah Provinsi dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) berkat dua kegiatan statistiknya.

Selengkapnya di sini


10. Bandara Ngurah Rai manfaatkan Posko Nataru antisipasi pneumonia

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Agustinus Budi Hartono mengatakan pihaknya akan memanfaatkan juga Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk layanan informasi antisipasi terhadap penyakit pneumonia.

Selengkapnya di sini


11. Bupati Tabanan komitmen tingkatkan olahraga pencak silat

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bertekad meningkatkan dan melestarikan cabang olahraga pencak silat saat membuka kejuaraan pencak silat “Bupati Tabanan Cup” di GOR Debes Selatan, Tabanan, Kamis.

Selengkapnya di sini


12. BKSDA Bali tak lakukan pembedahan paus terdampar di Pantai Legian-Kuta    

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali tidak melakukan nekropsi atau pembedahan bagian dalam terhadap ikan paus sperma (physeter macrocephalus) yang ditemukan dalam kondisi telah mati di Pantai Legian, Kuta, Bali, Kamis.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Widodo Suyamto Jusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023