Pada Jumat (1/12/2023), Sejumlah peristiwa di Indonesia dan Provinsi Bali khususnya telah diberitakan Kantor Berita ANTARA Biro Bali.

Berikut rangkuman berita-berita yang mungkin anda lewatkan kemarin dan masih layak untuk disimak pagi ini.


1. Pemkot Denpasar minta berbagai komunitas tingkatkan peran tekan kasus HIV/AIDS            

Pemerintah Kota Denpasar Bali meminta berbagai komunitas terkait di daerah itu agar dapat meningkatkan perannya dalam menekan kasus HIV dan AIDS seiring dengan momentum peringatan Hari AIDS Sedunia.

Selengkapnya di sini


2. BMKG: Curah hujan di Bali naik hingga 224,2 milimeter

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Denpasar mendata curah hujan di Bali mencapai hingga 224,5 milimeter atau meningkat dibandingkan 10 hari lalu mencapai 197,5 milimeter seiring masuknya musim hujan di sebagian wilayah Pulau Dewata.

Selengkapnya di sini


3. Bulog Bali: Stok beras 7.300 ton aman hingga Natal dan tahun baru

Pimpinan Wilayah Bulog Bali Sony Supriyadi memastikan stok beras sebanyak 7.300 ton cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 karena kebutuhan untuk bantuan pangan diperkirakan sekitar 3.000 ton beras.

Selengkapnya di sini


4. WHO keluarkan rekomendasi untuk mencegah wabah pneumonia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyampaikan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kepada masyarakat guna mencegah merebaknya wabah Mycoplasma pneumonia.

Selengkapnya di sini


5. BPS catat cabai merah jadi komoditas utama penyumbang inflasi November

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan cabai merah menjadi komoditas utama penyumbang inflasi pada November 2023 yang tercatat sebesar 0,38 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Selengkapnya di sini


6. Hakim penjarakan mantan kepala UPTD PUPR Bali selama empat tahun    

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Denpasar, Bali, Jumat, menjatuhkan vonis empat tahun penjara kepada mantan Kepala UPTD PAM Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Bali Raden Agung Sumarsetiono.

Selengkapnya di sini


7. Ketua BEM Udayana akui diintimidasi karena kritisi kebijakan SPI    

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Udayana (Unud), Bali, I Putu Bagus Padmanegara, mengakui dirinya mendapat intimidasi dari terdakwa kasus korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) jalur mandiri Unud, karena mengkritisi kebijakan penarikan SPI itu.

Selengkapnya di sini


8. Pemkab Buleleng rancang toko online "mybuleleng" fasilitasi pelaku UMKM

Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (DisdagperinkopUKM) setempat merancang toko online "mybuleleng" sebagai upaya memfasilitasi pelaku UMKM di daerah itu untuk memasarkan produknya.

Selengkapnya di sini


9. BPS mencatat kunjungan wisman ke Bali tembus 4,3 juta hingga Oktober 2023

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali mengungkap data kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Bali sepanjang Januari hingga Oktober 2023, dalam waktu 10 bulan tercatat sudah ada 4.388.698 kunjungan yang terlayani.

Selengkapnya di sini


10. Mali rebut peringkat ketiga Piala Dunia U-17 setelah tundukkan Argentina 3-0

Mali merebut peringkat ketiga Piala Dunia U-17 2023 setelah menundukkan Argentina dengan skor 3-0 dalam perebutan peringkat ketiga Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jumat malam.

Selengkapnya di sini


11. Artikel - Melawan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA

Sudah lebih dari tiga dasawarsa, setiap 1 Desember masyarakat memperingati Hari AIDS Sedunia, untuk mengingatkan bahwa virus yang menggerogoti daya imun itu masih mengancam manusia.

Hari AIDS juga dimanfaatkan untuk menyingkirkan stigma negatif dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Biasanya, pada hari itu, pita merah dikenakan sebagai simbol universal kepedulian dan dukungan bagi ODHA. Warna merah dipilih sebagai simbol keberanian, keinginan kuat, serta hati dan cinta.

Selengkapnya di sini


12. Amerika tegas tolak perpanjangan gencatan senjata di Gaza

Amerika Serikat pada Kamis (30/11) terus menyuarakan penolakan terhadap gencatan senjata permanen yang akan mengakhiri permusuhan di Jalur Gaza yang terkepung.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Widodo Suyamto Jusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023