Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa calon presiden dan calon wakil presiden akan difasilitasi untuk bertemu dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.
 
Kebijakan itu, kata Hasyim Asy'ari, untuk membantu pasangan calon (paslon) dalam mempersiapkan materi visi dan misi terkait dengan kemampuan anggaran dana penyelenggaraan negara sehingga informasi yang mereka sampaikan kepada masyarakat valid sesuai dengan data terkini.
 
"Visi dan misi kemudian di-breakdown (perincian) ke dalam program itu. Hal ini berkaitan dengan anggaran negara. Oleh karena itu, penting ketika ingin menyusun rencana 5 tahun ke depan itu 'kan berdasarkan ketersediaan anggaran negara (APBN)," ungkap Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis.
 
Hasyim menjelaskan bahwa KPU sudah bertemu dengan tim dari masing-masing paslon, kemudian pihaknya menyampaikan hal tersebut. Dengan demikian, jadwal pertemuan dengan Bappenas akan segera diatur.
 
Selain Bappenas, KPU juga memfasilitasi pertemuan dengan Kementerian Keuangan untuk membahas hal yang sama guna memperkaya informasi bagi paslon dalam menyusun target dalam 5 tahun ke depan.
 
Dikatakan pula bahwa pelaksanaan debat capres/cawapres sebanyak lima kesempatan di Jakarta.
 
Seluruh kegiatan debat juga disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.
 
Pelaksanaan debat pertama dan kedua pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, pada tanggal 7 dan 21 Januari, dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024.


 
Sebelumnya, KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

 

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023