Pada Kamis (9/11/2023), berbagai peristiwa politik, hukum, ekonomi dan kesra yang terjadi di Indonesia dan Provinsi Bali khususnya telah diberitakan Kantor Berita ANTARA Biro Bali mulai dari Kemenhub tekankan pentingnya keselamatan pelayaran di Sanur, Menkes nobatkan temu lawak sebagai tanaman obat unggulan Indonesia, Pemda di Bali siap cairkan 40 persen dana pilkada untuk penyelenggara, hingga KPK sebut Wamenkumham Eddy Hiariej jadi tersangka kasus dugaan suap.

Berikut rangkuman berita-berita tersebut yang layak disimak pagi ini.


1. Bandara Ngurah Rai mulai beralih ke sistem pembayaran parkir tanpa awak

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai beralih dari sistem pembayaran parkir secara tunai dan nontunai (cashless) ke sistem pembayaran tanpa awak (manless) bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat.

Selengkapnya di sini


2. Kemenhub tekankan pentingnya keselamatan pelayaran di Sanur Bali

Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan menekankan pentingnya keselamatan pelayaran di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali, karena tingginya lalu lintas penumpang di pelabuhan itu.

Selengkapnya di sini


3. KSOP Benoa lakukan uji petik kapal cepat jelang libur Tahun Baru

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa, Denpasar, Bali, melakukan uji petik terhadap kapal cepat yang beroperasi di Pelabuhan Sanur menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selengkapnya di sini


4. Menkes nobatkan temu lawak sebagai tanaman obat unggulan Indonesia

Pemerintah RI menobatkan temu lawak (curcuma zanthorrhiza) sebagai tanaman obat unggulan Indonesia dalam menuju Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Selengkapnya di sini


5. Menpan RB: ASN dilarang beri like dan komen di akun medsos capres-cawapres

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menjaga netralitas di masa Pemilu 2024, karena itu ASN dilarang like dan komen di akun media sosial capres-cawapres.

Selengkapnya di sini


6. Pangdam Udayana menyatakan Korem 163/WSA resmi kendalikan Yonif 741/GN Jembrana

Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi menyatakan Korem 163/Wira Satya secara resmi mengambil alih komando dan kendali Yonif 741/Garuda Nusantara yang bermarkas di Jembrana, Bali.

Selengkapnya di sini


7. Bawaslu Bali ingatkan parpol ikuti aturan terkait pemasangan APK

Anggota Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bali I Wayan Wirka mengingatkan kepada pengurus partai politik peserta Pemilu 2024 agar mengikuti aturan saat berkampanye dan aturan terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK).


Selengkapnya di sini


8. Pemda di Bali siap cairkan 40 persen dana pilkada untuk penyelenggara        

Pemerintah daerah di Bali, baik provinsi maupun kabupaten/kota, telah siap untuk mencairkan 40 persen dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ke KPU dan bawaslu setempat setelah hari ini mereka resmi menandatangani nota perjanjian hibah daerah (NPHD) serentak.

Selengkapnya di sini


9. Jaksa sebut mantan rektor Unud giring opini pada perebutan kekuasaan

JPU Kejaksaan Tinggi Bali menyebutkan terdakwa mantan Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. I Gede Nyoman Antara menggiring opini publik dalam kasus dugaan korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) ke persoalan perebutan kekuasaan di internal kampus.

Selengkapnya di sini


10. KPU Bali: Tak ada alat peraga kampanye sebelum waktunya

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menjelaskan tidak ada istilah untuk alat peraga sosialisasi, sebelum memasuki masa kampanye, sehingga peserta pemilu seharusnya menurunkan atribut berunsur kampanye yang dipasang di sepanjang jalan.

Selengkapnya di sini


11. Pemkot Denpasar turunkan status Kebakaran di TPA Suwung jadi transisi darurat

Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menurunkan status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Suwung, menjadi Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana Kebakaran dengan mempertimbangkan capaian positif pemadaman yang dilakukan petugas.


Selengkapnya di sini


12. KPK sebut Wamenkumham Eddy Hiariej jadi tersangka kasus dugaan suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan pihaknya telah menandatangani surat penetapan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej sebagai tersangka kasus dugaan suap.


Selengkapnya di sini

Pewarta: Widodo Suyamto Jusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023