Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyerahkan bantuan dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai lebih dari Rp208 miliar untuk pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tabanan.

“Kami berharap bantuan dana hibah kepada masyarakat dan Pemkab Tabanan ini dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangannya di Mangupura, Senin.

Bantuan itu terdiri dari dana hibah sebesar Rp54,4 miliar bagi 219 penerima yang tersebar di 10 Kecamatan dan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp79,1 miliar kepada Pemkab Tabanan yang bersumber pada pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2023.

Pada induk APBD 2023, Pemkab Badung juga telah menyerahkan BKK sebesar Rp75,8 miliar kepada Pemkab Tabanan.

Bupati Badung Giri Prasta menjelaskan bantuan itu diserahkan melalui program Badung Angelus Buana yang bermakna Badung Berbagi, Dari Badung Untuk Bali sebagai program yang membantu pembangunan fisik untuk mensejahterakan masyarakat.

Program itu bersumber dari dana penyisihan pajak hotel dan restoran di Kabupaten Badung yang disalurkan kepada masyarakat untuk membantu pembangunan di berbagai sektor, menggerakkan perekonomian dan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga kemampuan daya beli masyarakat semakin menguat.

“Bantuan ini kami berikan kepada masyarakat di berbagai daerah di Bali untuk dapat meringankan beban masyarakat dan merupakan wujud kerja bersama untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan, pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Bal dengan berpegang pada konsep One Island, One Manajemen dan One Comando,” kata dia.

Bupati Giri Prasta mengatakan bantuan itu juga merupakan penerapan dari ajaran Tri Kaya Parisudha dalam filosofi agama Hindu, yakni Manacika, Wacika dan Kayika, yang bermakna bahwa bermula dari pikiran yang baik dan benarlah akan mengalir ucapan dan perbuatan yang baik dan benar pula.
 
“Ketika memiliki pemikiran/konsep yang baik dan mulia untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya diucapkan saja tapi diwujudkan dengan berupaya membantu atau mendukung pembangunan di berbagai bidang,” kata dia.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menambahkan pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Badung karena telah menyalurkan dana hibah dan BKK yang sangat besar untuk masyarakat dan Pemkab Tabanan.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tabanan saya berterima kasih kepada saudara kami Bupati Giri Prasta dan Pemerintah Kabupaten Badung karena telah memberikan hibah dan BKK yang sangat besar kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tabanan,” kata dia.

Pewarta: Rolandus Nampu/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023