Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi menyebut Rumah Sakit Tentara (RST) Wira Sakti Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur telah memiliki fasilitas kesehatan yang semakin lengkap dan memadai untuk pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI dan juga masyarakat sipil pada umumnya.

"Baru saja diresmikan fasilitas yang ada seperti ruang ICU, ruang Perina dan beberapa ruangan lagi, ini menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan yang dimiliki RST Kupang sudah semakin meningkat," kata Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi di Kupang, Selasa.

Hal ini disampaikan usai meresmikan sejumlah ruangan di RST Wira Sakti yang masuk dalam kategori RS tingkat III guna meningkatkan pelayanan kesehatan.

Menurut komandan berbintang dua tersebut dengan semakin meningkatnya fasilitas yang dimiliki tersebut maka RST Wira Sakti diharapkan mampu melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak hanya bagi prajurit TNI dan masyarakat umum.

“Memang ini rumah sakit TNI tetapi juga melayani untuk semua orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” kata Mayjen TNI Harfendi .

Dia menambahkan bahwa tenaga kesehatan di RST Wira Sakti Kupang tersedia cukup, ada dokter spesialis ada juga dokter spesialis anak.

“Kalau kurang kita coba berkoordinasi dengan RS yang di sini, dokter-dokter spesialis di Kupang untuk memberikan pelayanan kesehatan di RST guna membantu pasien,” kata Mayjen TNI Harfendi.

Sementara itu Kepala Rumah Sakit Tentara (RST) Wira Sakti Letkol Ckm (K) Dr. dr. Lidwina Marlina S, Sp, KJ menyampaikan bahwa RST Wira Sakti Kupang merupakan rumah sakit tingkat tiga.

"Rumah sakit ini selesai di renovasi dengan gedung baru pada 2023, kami kembangkan untuk semua fasilitas dan ruangan. Salah satunya yang baru saja diresmikan adalah ruangan ICU, HCU, NICU, PICU yang telah dilengkapi dengan alat-alat moderen," kata Dr. dr. Lidwina Marlina.

Menurut dia RST Wira Sakti Kupang sedang mempersiapkan poli klinik fisioterapi dan mudah mudahan awal bulan November 2023 sudah siap melaksanakan pelayanan fisioterapi.

Ia menambahkan hampir 90 persen pasien yang melakukan perawatan adalah pasien BPJS Kesehatan karena anggota TNI AD beserta PNS dan keluarganya menggunakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan fasilitas kesehatan.

"Kami juga terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya. Kami menerima dengan hati," kata Dr. dr. Lidwina Marlina.

Ditambahkan saat ini RST Wira Sakti Kupang juga telah memiliki fasilitas MRI yang pertama ada di Kota Kupang dan sudah diurus untuk bisa mendapat klaim oleh BPJS Kesehatan.

"Mudah mudahan dalam waktu dekat sudah mulai digunakan sehingga bisa di manfaatkan oleh pasien yang menggunakan fasilitas BPJS," kata dia menambahkan.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023