Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak para pelaku industri di lembaga penyiaran televisi dan radio untuk bisa menyukseskan narasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai serentak 2024.

Menurutnya, dengan andil ekosistem lembaga penyiaran menggaungkan Pemilu Damai 2024 maka nantinya situasi masyarakat bisa tetap damai.

"Kita ingin membantu mewujudkan suasana yang lebih baik dan kondusif dalam perhelatan untuk Pemilu 2024 dengan narasi Pemilu Damai terlepas dari apa pun pilihannya," kata Budi kepada para pelaku industri penyiaran radio dan TV di Jakarta, Selasa.

Budi berpendapat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memiliki tanggung jawab yang besar dalam menyukseskan Pemilu Damai 2024.

Baca juga: Parpol deklarasikan pemilu yang damai di Polda Bali

Dalam program prioritasnya di 2023, Kemenkominfo bahkan menyiapkan anggaran khusus untuk mengelola dan menyampaikan informasi publik terkait dengan Pemilu Damai.

Beberapa program yang telah dilakukan Kemenkominfo di antaranya memberikan edukasi kepada Penyuluh Informasi Publik (PIP) untuk mengenal dan memahami pemilu damai.

Selanjutnya, memberikan literasi digital dan politik kepada para pemilih pemula, seperti Generasi Z, agar bijak menanggapi konten bermuatan politik di ruang digital.

Kemenkominfo juga telah berkoordinasi lintas kementerian dan lembaga menangani konten-konten bermuatan negatif terkait pemilu di ruang digital sehingga tidak merusak situasi damai di kehidupan nyata.

Sebagai contoh untuk penanganan konten radikalisme, Kemenkominfo menyiapkan koordinasi dan diskusi dengan Kementerian Agama.

Kedua kementerian tersebut telah berdiskusi dan membahas kriteria konten-konten yang memecah belah bangsa agar bisa dihilangkan dan diputus aksesnya dari ruang digital.

Agar seluruh program tersebut bisa berjalan dan tersampaikan dengan baik, maka Budi pun mengajak para lembaga penyiaran untuk bisa mendorong narasi pemilu damai sehingga lebih dikenal masyarakat.

"Bersama-sama kita mewarnai pemilu serentak di 2024 ini menjadi pemilu yang damai, bermartabat, dan berkualitas sehingga menghasilkan pemimpin-pemimpin yang dikehendaki rakyat untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju," kata Budi.


 

Pewarta: Livia Kristianti

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023