Jakarta (Antara Bali) - Branding dan tema pariwisata Wonderful Indonesia terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan pasar pariwisata baik untuk wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

"Branding dan tema ini ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan pasar wisata kita, namun sayangnya belum diimbangi beberapa faktor pendukung lain," kata Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), M. Faried, di Jakarta.

Menurut dia, pertumbuhan pasar itu belum direspon dan diimbangi dengan pengembangan dan penataan produk pariwisata.

Selain itu daya tarik wisata juga belum dikembangkan termasuk di dalamnya aspek kebersihan, ketertiban, dan keamanan. "Ini akan berakibat pada penurunan daya saing destinasi baik dalam lingkup dan skala wilayah regional, nasional, bahkan internasional," katanya.

Oleh karena itu, mulai 2013 pihaknya akan terus melakukan dan memfasilitasi promosi destinasi pariwisata guna mendorong pergerakan perjalanan wisnus di luar Jawa dan Bali dengan tetap menjaga momentum pertumbuhan di wilayah Jawa dan Bali.

"Slogan Kenali Negerimu, Cintai Negerimu masih dijadikan tema sentral dalam menciptakan kecenderungan berwisata dan gaya hidup berwisata penduduk Indonesia," katanya. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012