Seluruh pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, bergotong royong menghias area sepanjang pusat Kota Gianyar dan pusat kota kecamatan dengan memasang ribuan bendera Merah-Putih mulai tanggal 24 hingga 31 Juli 2023.

"Pemasangan bendera dilakukan lebih awal oleh Pemkab Gianyar karena menjelang Hari Raya Galungan, dimana kesibukan menyambut Galungan akan menyita waktu para pegawai," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gianyar, I Dewa Gede Putra Amarta, dalam siaran pers Diskominfo Gianyar, Kamis.

Pemasangan Bendera Merah Putih di sepanjang jalan kota Gianyar oleh pegawai ASN maupun Non ASN pada 24 - 31 Juli 2023 itu dilakukan sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 400.10.1.1/1965/SJ tentang Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023, dan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 400.10.1.1/6287/polpum tentang Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023, serta Surat Edaran Gubernur Bali nomor B.16.001.2/4115/BID.lll/BKBP tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023.

Baca juga: Pemkab Gianyar adakan pasar murah jelang Galungan

Bahkan untuk pengadaan bendera dan aksesoris lainnya dilakukan dengan dana swadaya dari ASN masing-masing kantor. “Pendanaan sendiri dilakukan dengan swadaya dari ASN masing-masing OPD,” ujar I Dewa Gede Putra Amarta.

Terkait dengan ukuran bendera dan tiang bendera yang dipasang disamakan, yaitu 80 cm x 120 cm, tinggi tiang 4 meter dengan jarak pasang antar bendera 4 meter, serta dalam pemasangan memperhatikan estetika, keamanan, ketertiban dan kenyamanan lingkungan sekitar.

“Pemasangannya tidak menempel di pohon, tanaman taman kota ataupun rambu-rambu lalu lintas,” tegasnya.

Untuk titik pemasangan bendera dilakukan di sejumlah titik, mulai batas taman kota sampai jembatan desa Bitera, keliling area Pasar Rakyat Gianyar, alun- alun kota hingga RSU Famili Husada, area luar Taman Makam Pahlawan Kreta Kirtya Mandala, batas taman kota sampai Patung Kapten I Wayan Dipta (Jl. Dharma Giri), area taman kota Gianyar, dan area jalan protokol serta area depan kantor/OPD masing – masing.

Melalui kegiatan ini, setidaknya akan ada ribuan bendera merah putih yang menghiasi sepanjang jalan Kota Gianyar ketika peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada Agustus 2023.

Baca juga: Bupati Gianyar sudah bantu 50 truk sampah

“Dari target ditetapkan 5.600 bendera, termasuk seluruh desa/kelurahan, banjar dan toko-toko yang ada di Kabupaten Gianyar,” tandasnya.
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023