Jambi (Antara Bali) - Panitia penyelenggara Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI yang akan dilaksanakan di Jambi merancang program pembacaan puisi di atas ketek atau perahu wisata di Sungai Batanghari.

PPN VI yang juga menjadi helatan temu penyair se-Asia Tenggara itu merancang satu kegiatan pertunjukan puisi di atas perahu wisata oleh para penyair dengan menelusuri Sungai Batanghari dari Kota Jambi menuju komplek percandian Muarojambi, orientasinya kita ingin menghidupkan suasana wisata ini dengan pemaknaan yang disampaikan para penyair peserta PPN," kata Direktur PPN VI Ramayani di Jambi, Selasa.

Menurut dia, panitia dan peserta menilai dua panggung pembacaan puisi yang telah disiapkan panitia sejak awal masih belum maksimal untuk bisa memberikan ruang bagi peserta yang semuanya mencapai 236 penyair dari enam negara Asia Tenggara sebagai peserta undangan.

Jumlah itu masih ditambah oleh para penyair dan peneliti dari Korea Selatan dan Perancis serta penyair non-undangan dari Tanah Air yang akan menghadiri dan meramaikan kegiatan PPN VI di Jambi yang berlangsung pada 28-31 Desember 2012.

"Dua panggung resmi sudah disiapkan panitia yakni di kolam renang Hotel Sang Ratu tempat penyelenggaraan seminar sastra nusatara, juga di Candi Muarojambi, yang representatif untuk jadi arena pertunjukan pembacaan puisi oleh penyair agar bisa dinikmati oleh publik Jambi saat momentum penting ini berlangsung," kata Ramayani.

Beberapa nama penyair besar yang akan hadir di PPN VI Jambi di antaranya Sutardji Colzoum Bachri, Afrizal Malna, Acep Zam-zam Noor, Asrizal Noor, Tan Lio Ie dan penyair-penyair dari Malaysia, Thailand, Singapura, Kamboja, Korsel dan Perancis. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012