PT PLN (Persero) sukses menghadirkan listrik andal tanpa kedip mendukung pelaksanaan gelaran Lovina Festival yang dimulai sejak 21 Juli 2023 di Pantai Binaria Lovina, Buleleng, Bali.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Utara Agus Yudistira di Denpasar, Bali, Senin mengatakan selama kegiatan berlangsung tiga hari, PLN menyiagakan personel dan peralatan untuk mendukung kesuksesan acara yang sempat vakum selama dua tahun itu.

“Tim PLN selalu siap untuk mengawal kesuksesan acara ini dengan menyiagakan 24 personil serta peralatan pendukung yaitu Uninterruptible Power System (UPS) dengan kapasitas 100 kVA,” kata Agus.

Agus mengatakan demi menyukseskan acara bertaraf internasional itu, PLN menunda sementara kegiatan pemeliharaan khususnya di sisi jaringan distribusi.

“Pemeliharaan jaringan distribusi kami upayakan telah dilaksanakan dan diselesaikan sebelum pelaksanaan acara, sehingga selama kegiatan tidak ada pemeliharaan, kecuali jika ada unsur urgensi yang membutuhkan perbaikan mendesak dan itu bisa dilakukan dengan metode pekerjaan dalam keadaan bertegangan atau PDKB,” katanya.

Baca juga: Menparekraf: Lovina Fest sejalan dengan wisata berkelanjutan

Sementara itu, secara terpisah General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana mengatakan kondisi subsistem kelistrikan Bali saat ini terhitung aman bahkan surplus.

“Subsistem Bali kondisinya surplus, dengan kapasitas daya mampu sebesar 1.555 mega watt (MW), beban puncak tertinggi 903,7 MW, sehingga masih ada reserve margin atau cadangan daya hingga 42 persen,” katanya.

Udayana menjelaskan pelayanan PLN sudah teruji, sehingga masyarakat tak perlu ragu lagi jika membutuhkan bantuan kelistrikan untuk mendukung pelaksanaan event baik yang bersifat lokal, nasional maupun internasional di Bali.

Menurutnya, PLN telah mendukung berbagai jenis ajang di Bali, baik lokal sampai internasional sehingga hal itu dapat semakin meyakinkan masyarakat untuk tak ragu menghubungi PLN jika membutuhkan dukungan kelistrikan.

Udayana mengatakan Bali kini kembali dipercaya dalam berbagai event, untuk itu masyarakat diharapkan juga ikut menjaga ketertiban dengan berhati-hati dan memperhatikan jarak aman dengan jaringan listrik saat menerbangkan layang-layang, ataupun saat menancapkan penjor pada perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan mendatang.

Baca juga: Pemkab Buleleng adakan Festival Kopi di Pantai Lovina

“Laporkan jika melihat potensi bahaya melalui aplikasi PLN Mobile ataupun melalui contact center 123,” kata Udayana.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023