PT PLN (Persero) sukses memastikan keandalan pasokan listrik dalam memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H di wilayah Bali.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana di Denpasar, Bali, Jumat mengatakan selama perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah PLN menyiagakan setidaknya 719 personel yang tersebar di 16 titik lokasi posko siaga demi menjaga pasokan listrik tetap aman.
 
"Kami mencatat setidaknya terdapat 73 lokasi tempat ibadah di seluruh Bali, yang kami dukung pengamanan pasokan listriknya, sehingga masyarakat nyaman dalam melaksanakan ibadah," kata Udayana.
 
Udayana menyebutkan bahwa personel yang disiagakan juga dilengkapi dengan peralatan pendukung antara lain 15 unit UGB, 13 Unit Genset, 17 Unit UPS, 2 Unit ERS, 10 Unit Crane.
 
Udayana mengatakan kondisi kelistrikan subsistem Bali dalam keadaan aman, dengan daya mampu sebesar 1.155 Megawatt (MW), beban puncak 883 MW, sehingga terdapat cadangan daya hingga 272 MW.
 
"Beban puncak rata-rata selama perayaan Idul Adha kali ini dapat mencapai 883 MW, ini berarti ada kenaikan hingga 9,06 persen jika dibandingkan dengan Idul Adha di tahun sebelumnya," kata dia.
 
Dia mengatakan hari raya Idul Adha tahun ini memiliki hari libur yang lebih panjang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena itu, personel PLN tetap bersiaga sampai masa liburan dinyatakan selesai.
 
"PLN mendukung penuh pelaksanaan ibadah Idul Adha. Di samping itu juga tetap siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sedang memanfaatkan momen libur dengan berwisata ke Bali," katanya.
 
Udayana pun mengatakan PLN turut memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 27 titik lokasi untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara kendaraan listrik.
 
"Ada 53 unit SPKLU tersebar di seluruh wilayah Bali, yang lokasinya dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile, untuk memberikan kemudahan bagi pengendara, silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Udayana.
 
PLN, kata Udayana mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan bersama, khususnya di musim bermain layang-layang, agar tetap tertib, dan jika melihat ada potensi bahaya listrik segera lapor melalui aplikasi PLN Mobile.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023