Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah ibu kota provinsi di Indonesia diguyur hujan ringan pada Sabtu.
 
Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, beberapa ibu kota provinsi yang berpotensi hujan ringan, yakni Gorontalo, Jambi, Bandung, Samarinda, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Manokwari, Mamuju, dan Kendari.
 
Wilayah Bandar Lampung berpotensi hujan sedang pada siang hari dengan kelembaban 75-100, begitu juga dengan Manado dengan kelembaban 65-95.
 
Banda Aceh, Serang, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, dan Makassar diprakirakan berawan.
 
Wilayah Jakarta Pusat berpotensi berawan pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari.
 
Beberapa ibu kota provinsi yang diprakirakan cerah berawan pada siang, yakni Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Tarakan, Pangkal Pinang, Mataram, Padang, Palembang, dan Medan.
 
Wilayah Kupang dan Pekanbaru berpotensi cerah dengan suhu 22-34 derajat Celsius.
 
BMKG mengimbau masyarakat waspada potensi banjir yang bisa terjadi di sebagian wilayah Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Memasuki peralihan musim ke kemarau, BMKG juga meminta masyarakat waspada potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah.
 
Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengingatkan masyarakat agar waspada potensi karhutla memasuki musim kemarau pada 2023.

"Grafik kejadian bencana sepekan selama 5-11 Juni 2023 tercatat ada 27 kejadian bencana, di mana tujuh di antaranya adalah karhutla, yang mulai mendominasi beberapa wilayah Sumatra, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan," ujar dia.


Baca juga: BMKG sebut sejumlah daerah di Indonesia diprakirakan turun hujan pada Sabtu

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023