Denpasar (Antara Bali) - Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pusat perbelanjaan dan pasar tradisional untuk mengantisipasi beredarnya produk kadaluarsa yang masih dijual menjelang Natal dan Tahun Baru.
     
"Kami sengaja melakukan sidak untuk mengetahui harga dan kondisi sembako di pasaran," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, I Wayan Gatra, di Denpasar, Selasa.
     
Di pusat perbelanjaan Tiara Dewata misalnya, petugas memeriksa satu per satu makanan untuk melihat tanggal kadaluarsa produk tersebut seperti kue kering, kue basah, produk makanan impor, dan sejumlah minuman kaleng.
     
Selain memeriksa produk makanan dan minuman, petugas juga memeriksa sejumlah parcel karena biasanya dalam kemasan tersebut banyak terdapat produk makanan dan minuman yang dikhawatirkan masih dijual meski kadaluarsa di saat banyak dibeli konsumen.
     
Meski demikian, petugas tidak menemukan adanya produk makanan dan minuman yang tidak layak edar ataupun melebihi tanggal kadaluarsa.
     
Gatra menyatakan bahwa untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dari peredaran produk yang tidak layak konsumsi pemerintah dan instansi terkait lainnya akan terus menggencarkan pemeriksaan produk makanan dan minuman.(DWA)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012