Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat menyiapkan sebanyak 607 atlet yang akan turun pada perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) 2023 tingkat provinsi.

"Ratusan atlet dan seniman akan turun pada 37 cabang olahraga dan 18 cabang seni," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Made Astika di Singaraja, Kamis.

Menurut dia, Porsenijar tahun ini disambut antusias oleh para pelajar setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi COVID-19 yang berdampak ditiadakannya pesta olahraga dan seni para pelajar seluruh Pulau Dewata tersebut.

Kini para atlet dan artis dari sekolah-sekolah bisa mengeluarkan potensi dan bakat dalam gelaran Porsenijar 2023 Provinsi Bali yang akan dilaksanakan pada 20 sampai 27 Juni 2023.

Astika lebih jauh mengungkapkan, adapun peserta Porsenijar pada tahun ini melibatkan semua pelajar dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut. 

Disdikpora selaku leading sector kegiatan Porsenijar siap mendukung sepenuhnya baik moril dan materiil untuk mendukung atlet dan seniman Buleleng untuk berprestasi pada ajang tersebut.

 "Kami dukung sepenuhnya dan dinas telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,7 miliar untuk membiayai berbagai kebutuhan selama pelaksanaan Porsenijar mendatang," tambah dia.

Dijelaskan oleh Kadis Astika, rencana pelepasan kontingen Buleleng  akan digelar di Loby Atiti Wisma Kantor Bupati pada tanggal 20 Juni 2023 dan pembukaan oleh Provinsi Bali akan digelar pada tanggal 21 Juni 2023 di lapangan Niti Mandala Renon Denpasar oleh Gubernur Bali.

Pihaknya juga berharap dengan persaingan berat dari kontingen Denpasar dan Badung, Buleleng dapat melebihi pencapaian dulu sebagai peringkat ketiga dan dapat menargetkan sebanyak 160 medali.

”Semua cabor dan seni berpeluang memperoleh medali. Jika dilihat dari hasil Porprov kemarin dari kalangan pelajar, maka kami optimis tiga besar. Bahkan lebih dari itu kami akan berjuang maksimal demi Buleleng,” pungkas dia.

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023