Seorang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Bali, Luh Anggreny siap mengunjungi Amerika Serikat guna mempelajari budaya dan toleransi beragama.

"Mahasiswa kami terpilih dari ratusan orang yang melamar dari seluruh Indonesia dan merupakan satu-satunya perwakilan dari Pulau Dewata," kata Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Komang Agus Widiantara di Singaraja, Minggu.

Ia mengatakan, program kunjungan ke Amerika Serikat tersebut merupakan program tahunan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Program tersebut mengundang putra-putri terbaik dari 17 negara untuk mengikuti serangkaian kegiatan budaya.

"Program tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan antara negara-negara yang terlibat dan memfasilitasi pertukaran pengetahuan serta pemahaman budaya dan keberagaman," kata Agus.

Sementara itu, Luh Angreny mengaku senang dan bangga dapat mewakili Bali dan Indonesia dalam lawatan ke Amerika Serikat sesuai dengan program dari Kedutaan Besar Amerika di Indonesia.

Nantinya, Anggreny bersama tiga orang lainnya dari Indonesia akan mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari lokakarya, seminar, kunjungan ke institusi terkait, serta diskusi dengan pemimpin dan pakar di berbagai bidang.

Kebanggaan itu tidak hanya dirasakan oleh warga Kampus STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Namun juga dirasakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng. Sebagai mahasiswa dari Perguruan Tinggi Hindu Negeri yang berlokasi di Kabupaten Buleleng, Luh Anggreny tentunya juga akan mengharumkan Kabupaten Buleleng.

Hal itu terlihat saat Luh Putu Anggreny yang didampingi Sekretaris Prodi Ilkom Gede Titah Pratyaksa bertemu dengan Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng Made Astika di Rumah Jabatan Bupati Buleleng. 

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Lihadnyana mengaku bangga dengan prestasi itu, dan berjanji untuk mendukung kelancaran Anggreny dalam mengikuti program tersebut.

"Saya selaku kepala daerah merasa bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh generasi muda asal Buleleng. Semoga apa yang diraih Anggreny dapat menginspirasi pemuda-pemudi lainnya," demikian Lihadnyana.

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023