Kepolisian Daerah Bali segera membentuk Polisi tingkat rukun warga atau Banjar atau Polisi Banjar untuk mengintensifkan fungsi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).
 
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Denpasar, Bali, Selasa, mengatakan Polisi Banjar/RW ini merupakan salah satu program terbaru dari Kabaharkam Polri Komjen Pol. Muhamad Fadil Imran.
 
Secara umum, kata Satake, Polisi Banjar merupakan wujud Binmas prediktif yang merupakan bentuk penyatuan semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai Polmas dalam komunitas tingkat Banjar/RW.
 
Satake mengatakan secara konkret, Polisi Banjar akan aktif mendengarkan keluhan masyarakat dan problem solving lainnya, serta untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri dan mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas kamtibmas.
 
Menurut Satake, ada tiga tugas pokok dari Polisi Banjar/RW. Pertama, bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan, serta ketertiban masyarakat di lingkungan tersebut serta membantu menyelesaikan masalahnya.

Kedua, fungsi yang diemban polisi Banjar adalah bersama masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan preventif dan preemtif sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu kamtibmas dan terakhir, mendukung fungsi kepolisian lainnya untuk meningkatkan efektivitas penerangan polisi masyarakat di setiap wilayah.
 
"Polisi Banjar/RW ini juga memiliki konsep untuk mempermudah perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, serta memungkinkan terjadinya interaksi antara Polri dengan masyarakat dalam memecahkan masalah bersama dan saling mengembangkan sikap yang positif," kata Satake.
 
Saat ini, kata dia, Direktorat Binmas Polda Bali sedang berkoordinasi dengan Polres/Polresta jajaran untuk menyiapkan administrasi, surat perintah kepada anggota yang akan ditugaskan sebagai Polisi Banjar/RW di wilayahnya masing-masing dan melaksanakan pelatihan-pelatihan.

"Polisi Banjar sendiri akan aktif bertugas pada Juni 2023," katanya.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023