Aksi seni turut mewarnai proses pendaftaran bakal calon legislatif DPRD provinsi di KPU Bali, di mana pada hari terakhir pendaftaran, Partai Demokrat datang membawa penampilan kesenian reog setelah sebelumnya Partai Gerindra tiba dengan iringan gamelan baleganjur khas Bali.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyampaikan ini merupakan hal positif, lantaran pendaftaran diwarnai dengan kegembiraan bak pesta, apalagi menonjolkan seni meskipun sempat terjadi penumpukan ketika partai politik bergiliran saat tiba.

“Tidak ada masalah soal penumpukan, kalau seni tidak mungkin ribut-ribut karena mereka jiwanya damai, orang Bali tidak akan ribut,” kata Lidartawan di Denpasar, Minggu.

Terkait aksi seni dari partai politik, Ketua DPD Demokrat Bali I Made Mudarta menyampaikan pihaknya sengaja menonjolkan kesenian reog sebagai filosofi peperangan Mahabarata dengan sosok Krisna yang identik dengan burung merak sama seperti bulu pada reog.

Baca juga: KPU Bali bakal terima 8 parpol di hari terakhir pendaftaran bacaleg

“Panca pandawa walaupun pasukannya kecil jumlah sedikit tetapi di sana ada simbol Krisna yang mengatur strategi, karena Dewa Krisna adalah titisan dari Dewa Wisnu yang memberikan kesejahteraan. Akhirnya walaupun pasukan itu kecil, karena ada Krisna-nya lawan-lawan (partai politik lain) tidak bisa menghajar kita karena salah fokus,” jelasnya.

Selain Partai Demokrat, PDIP yang menjadi partai politik pertama yang berkasnya diterima KPU Bali juga datang membawa iringan gamelan baleganjur, tarian dengan hanoman, hingga paduan suara.

Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster saat itu menyampaikan sengaja membawa kesenian Bali karena budaya dinilai sebagai haluan pembangunan, seni dan tradisi kearifan lokal sebagai penopang.

Hal yang sama juga dilakukan Partai NasDem dan Partai Gerindra yang membawa kesenian Bali, dan PKN yang membawa sembilan ekor dokar ke KPU Bali saat mendaftar.

Di hari terakhir pendaftaran bakal calon DPRD Bali oleh partai politik, masih ada lima partai lagi yang belum datang yaitu Partai Buruh, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Golkar, Partai Gelombang Rakyat Indonesia dan Partai Perindo.

Untuk pendaftaran bacaleg Pemilu 2024, KPU Bali membuka waktu hingga pukul 23.59 malam nanti.

Baca juga: KPU Bali terima pendaftaran sembilan parpol dan 18 calon DPD RI

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023