Denpasar (Antara Bali) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali bertekad menggelar dan menjadikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2013 sebagai perhelatan politik yang berkualitas dan terpercaya.

"Harapan kami dengan pemilihan gubernur (Pilgub) yang terpercaya dan berkualitas akan dihasilkan pemimpin Bali yang terbaik," kata Ketua KPU Bali Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, di Denpasar, Jumat.

Menurut dia, untuk mewujudnyatakan target tersebut, KPU Bali telah melakukan persiapan dengan matang berupa sosialisasi aturan, kelembagaan, SDM, tahapan Pilkada, logistik, sampai dengan anggarannya.

Ia mengatakan KPU Bali telah membentuk lembaga penyelenggara Pilgub secara optimal mulai KPU kabupaten/kota hingga setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Kami perkirakan ada 6.992 TPS di seluruh Bali, dan kami sudah merekrut dan melantik 44.513 anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) untuk melaksanakan pemungutan suara," ujarnya.

Keyakinan Lanang terhadap Pilkada Bali yang berkualitas dan terpercaya tersebut muncul karena pihaknya juga sudah melakukan penandatanganan pakta integritas hingga KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

"Kami mengharapkan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) juga menandatangani pakta integritas," katanya.

Dari perhitungan perolehan kursi di DPRD Bali berdasarkan hasil Pemilu Legislatif 2009, lanjut dia, maksimal ada empat pasangan calon yang dapat diusung oleh parpol.

Keempat paket ini di luar calon perseorangan yang kemungkinan akan mendaftar dengan menyertakan minimal 200 ribu KTP. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012