Jakarta (Antara Bali) - Alam Nusantara yang memiliki 30 ribu jenis tanaman berbunga menjadi potensi Indonesia dalam mengembangkan wisata kesehatan tradisional, kata Kepala Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan Indah Yuning Prapti.

"Alam kita punya 30 ribu jenis tanaman berbunga, itu 10 persennya dari tanaman berbunga di dunia, yang 90 persennya menyebar di berbagai negara. Ini potensi kita, ribuan tanaman sudah biasa dimanfaatkan," kata Indah dalam seminar tentang "Filosofi Spa Yang Mendunia" di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, Indonesia berpotensi untuk mengembangkan wisata kesehatan. Hal tersebut dikarenakan kekayaan ramuan tradisional Indonesia seperti jamu dan tempat-tempat terapi serta relaksasi seperti spa, pijat, dan pemandian air mineral.

Selain itu juga banyak terdapat lokasi yang bisa dikunjungi sebagai wisata budaya, wisata pilgrim, cagar alam serta pertanian. "Kita punya banyak potensi yang bisa terus digali untuk Health Tourism ini," katanya.

Senada dengan Indah, CEO Mustika Ratu Putri Kuswisnuwardhani mengatakan ada sebanyak 14 ribu tanaman berkhasiat untuk kesehatan di Indonesia. Dari jumlah itu baru sekitar 200 tanaman yang telah didaftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012