Denpasar (Antara Bali) - Realisasi Perdagangan luar negeri aneka barang kerajinan dan nonmigas Bali ke Australia cukup cerah bahkan perolehan devisanya mencapai angka 23,8 juta dolar AS selama Januari-September 2012.

"Perolehan devisa dari Australia rata-rata bernilai 2,6 juta dolar AS per bulan sejalan dengan bertambah banyaknya turis negeri Kanguru itu ke sini," tutur Kepala Seksi Ekspor Disperindag Bali, Putu Bagiada SE di Denpasar Jumat.

Perkembangan pariwisata Bali sangat sigtifikan berpengaruh besar terhadap peningkatan perdagangan luar negeri terutama aneka barang kerajinan bernilai seni buatan seniman dan perajin pulau Dewata.

Ia menyebutkan realisasi ekspor aneka barang nonmigas Bali ke Australia puncaknya pada Agustus 20121 mencapai 4 juta dolar naik keras dari bulan sebelumnya hanya 2,2 juta dolar dan september 3 juta dolar.

Meningkatnya perdagangan luar negeri itu sangat berpengaruh terhadap kunjungan turis asing ke Bali terutama dari negeri kanguru itu, sebab diantara pelancong yang berlibur ada diantaranya pengusaha dan importir. (*/ADT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012