Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melakukan kunjungan studi komparasi ke Kabupaten Badung, Bali, untuk mempelajari tata kelola keuangan pemerintah daerah.

"Kami bersama jajaran mengunjungi Badung dalam rangka studi komparasi serta berbagi informasi dan bertukar pengalaman terkait dengan tata kelola keuangan pemerintah daerah, mulai dari penganggaran, pengelolaan pendapatan sampai dengan pelaporan keuangan," ujar Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Selasa.

Pada kunjungan tersebut, rombongan Pemkab Magelang langsung diterima oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang memaparkan sejumlah program dan strategi pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Badung.

Sejumlah program yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut, di antaranya adalah pembangunan di Kabupaten Badung yang berlandaskan rencana pembangunan jangka panjang.

Bupati Giri Prasta menjelaskan bahwa rencana pembangunan jangka panjang itu selanjutnya diturunkan ke dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah untuk menerjemahkan semua program kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sehingga akan memudahkan dalam penyusunan RAPBD.

"Pada bulan Januari kami melaksanakan musrenbang desa, pada bulan Februari musrenbang kecamatan,  dan pada bulan Maret kami melaksanakan musrenbang daerah," kata dia.

Ia menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung dalam tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan daerah selalu mengedepankan penegakan hukum sehingga Kabupaten Badung selama 8 tahun berturut-turut dapat meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Kami ingin menjadikan Kabupaten Badung sebagai salah satu role model atau percontohan di tingkat nasional dalam bidang tata kelola pemerintahan maupun dalam bidang tata kelola keuangan pemerintah daerah," kata Bupati Giri Prasta.

Pada kesempatan itu, Bupati Giri Prasta meyakini ada banyak kesamaan karakteristik antara Pemkab Badung dan Pemkab Magelang sehingga melalui pertemuan ini bisa mempererat tali silaturahmi antara kedua belah pihak.

"Kami berterima kasih kepada rombongan Pemkab Magelang yang telah berkenan melaksanakan studi komparasi di Kabupaten Badung. Kami pastikan akan ada kunjungan balasan ke Kabupaten Magelang," kata dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023