Jakarta (Antara Bali) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono menghadiri peringatan puncak acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2012 di Cengkareng, Rabu.

Keduanya tiba di tempat acara, yakni Kawasan Hutan Kota, Komplek Bandara Internasional Soekarno - Hatta, Cengkareng sekitar 09.00 WIB didampingi oleh Wakil Presiden Boediono beserta istri Herawati Boediono.

Pada peringatan HMPI tahun ini Presiden SBY menanam pohon Manglid (Manglieta glauca) sedangkan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono menanam Sempur ( Dillenia SP ).

Wakil Presiden Boediono menanam Tanjung (Mimusops elengi) sedangkan Ibu Wakil Presiden Hj Herawati Boediono menanam Kenari ( Canarrium S ). Sementara Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka ( Michelia champaca ) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Sawo Kecik ( Manilkara kauki ).

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang dilaksanakan setiap 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang jatuh pada Desember ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008. Tema peringatan HMPI dan BMN tahun ini adalah "Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau".

Pada peringatan HMPI kali ini Presiden RI beserta Menteri Kehutanan berkenan memberikan penghargaan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota pemenang Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2011 Tingkat Nasional. Gubernur Bali maupun para Bupati dan Wali Kota di Pulau Dewata tak ada yang mendapatkan penghargaan ini alias nihil.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mendapat peringkat Platinum Gold karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Tengah tiga kali berturut - turut sebagai juara I.

Selanjutnya Juara I tahun 2011 diterima oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jatim melakukan penanaman pohon dengan jumlah terbanyak. Juara II dan III masing-masing diraih oleh provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Untuk tingkat Kabupaten masing-masing diterima oleh Bupati Grobogan H. Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dan Bupati Minahasa Utara Drs Sompie SF Singal, MBA.

Sedangkan tingkat Kota masing - masing diterima oleh Walikota Surabaya Ir Tri Rismaharini, MT, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, SE dan Walikota Metro H Lukman Hakim, SH, MM.

Dalam puncak acara peringatan HMPI dan BMN tersebut juga dimeriahkan oleh penyanyi Nugi dan persembahan pusisi oleh sastrawan Taufik Ismail. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012