Harga berbagai kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Klungkung, Bali mengalami kenaikan di pekan keempat Februari 2023.

Berdasarkan pantauan di dua pasar tradisional yakni Pasar Galiran dan Pasar Kusamba, Selasa, harga komoditas pangan seperti beras, cabai rawit merah dan bawang putih mengalami kenaikan.

“Untuk beras medium mengalami peningkatan harga sejak pertengahan bulan lalu, yang awal mulanya Rp11 ribu sampai Rp12 ribu perkilonya, sampai sekarang menjadi Rp13 ribu sampai Rp14 ribu perkilonya”, kata Ni Wayan Binder, seorang pedagang beras di Pasar Kusamba.

Komoditas pangan lainnya yang mengalami kenaikan harga yaitu cabai rawit merah.

“Untuk cabai rawit merah terus saja meningkat, dari yang awalnya Rp60 ribuan sekarang naik menjadi Rp 65ribuan untuk 1 kilonya” ujar Buk Wayan Karya, pedagang bahan bumbu dapur di Pasar Kusamba.

Bawang putih yang merupakan salah satu bahan pokok untuk bumbu dapur pun mengalami kenaikan harga, yang mulanya Rp18 ribu menjadi Rp24 ribu perkilonya. Lonjakan harga bawang putih tersebut terjadi sejak 3 hari yang lalu.

“Disini yang naik itu bawang putih, dari yang awalnya seharga Rp18 ribu menjadi Rp24 ribu perkilonya, sudah sejak 3 hari yang lalu” kata Dewa Ayu Sayang, pedagang bahan pangan di Pasar Galiran.

Salah satu pedagang bahan dapur lainnya, Dewa Ayu Raka yang berjualan di Pasar Galiran juga membenarkan kenaikan harga komoditas tersebut.

“Iya memang benar bawang putih sekarang harganya naik, modalnya saja Rp22 ribu untuk perkilonya, jadi kami menjual bawang putih tersebut dengan harga Rp 23 ribu sampai Rp 24 ribu, bahkan ada juga yang menjual dengan harga Rp25 ribu”, ucap Dewa Ayu Raka.

Sementara untuk komoditas pangan yang mengalami penurunan lanjut Dewa Ayu Raka yakni bawang merah.

“Harga bawang merah yang semula harganya Rp37 ribu sampai Rp38 ribu perkilonya sekarang menjadi menjadi Rp28 ribu perkilonya,” pungkas Dewa Ayu Raka.

Dikutip dari laman Website Sigapura.baliprov.go.id bahwa bawang Putih naik 0,78 persen untuk perkilonya, cabai rawit merah naik 6,92 persen untuk perkilonya, beras medium untuk saat ini harganya masih tetap Rp13 ribu sampai Rp 14 ribu perkilonya, dan bawang merah turun 11,38 persen untuk perkilonya.

Pewarta: I Dewa Gde Adiningrat Wiraguna

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023