Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali, memberikan bantuan hibah sebesar Rp2,2 miliar lebih yang bersumber dari anggaran perubahan tahun 2022 untuk Rumah Dinas Jabatan Dirreskrimum Polda Bali.

"Sejak dilantik menjadi Bupati, kami berkomitmen terhadap Law Enforcement, keberpihakan kami pada regulasi. Untuk itu salah satu yang kami lakukan adalah bagaimana memberikan fasilitas terhadap aparat negara salah satunya adalah Polri yang kita cintai," ujar Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Kabupaten Badung, Selasa.

Ia mengatakan Pemkab Badung berkomitmen penuh mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Polri/Polda Bali dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya juga mengapresiasi Polri karena telah memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan Kabupaten Badung dari industri pariwisata.

Baca juga: Polda: DPO Interpol tertangkap di Bali diduga pengedar ganja 160 kg

"Dari situlah kami berpikir untuk bisa membantu lembaga pemerintah, terlebih Presiden telah menghapus larangan pemerintah kabupaten/kota untuk membantu lembaga negara. Dulu, memang ada larangan, dan ketika ini sudah dihapuskan, kami berinisiatif bersama DPRD memberikan bantuan kepada Polda Bali," kata dia.

Bupati Giri Prasta menjelaskan langkah dalam membantu jajaran Polri juga tidak akan berhenti sampai di sini. Pihaknya menyatakan siap untuk membantu Polres Badung, Polresta Denpasar, Polres Bandara sampai ke polsek dan jajaran Polri.

"Kami tulus murni ingin memberikan dukungan fasilitas dan moral melalui bantuan finansial yang kami berikan, sehingga kondisi Provinsi Bali dan Kabupaten Badung semakin meningkat kedepannya karena ada kesiapan bersama terutama Polda Bali dalam menumbuhkan keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dan Ketua DPRD Badung Putu Parwata, karena Pemkab Badung telah komit mendukung tugas pokok dan fungsi Polda Bali.

Baca juga: Polda Bali: Informasi penculikan anak di Bali hoaks

Pihaknya juga mengungkapkan apabila dihitung sejak tahun 2016, Bupati Badung telah membantu 9 proyek fisik di lingkungan Polda Bali.

"Saat ini, Pak Bupati kembali memberi bantuan khususnya kepada pembangunan Rumah Dinas Jabatan Dirreskrimum yang sebelumnya kumuh sekali. Sekarang tampak rumah ini seperti vila di tengah kota," ungkap dia.

Ia juga meminta jajarannya agar terus dapat menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Provinsi Bali, khususnya lagi di Kabupaten Badung.

"Kemarin juga saat kami mengikuti Rapim TNI-Polri, Pak Presiden menyampaikan bahwa kita harus memberikan layanan keamanan yang prima pada setiap investasi yang ada di Indonesia Bali dan Badung. Agar bisa menaikkan kembali pendapatan daerah khususnya di Badung maupun Provinsi Bali," pungkas Putu Jayan.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023