Sebanyak 100 perempuan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta perempuan kepala keluarga dari empat kecamatan di Kota Denpasar, Bali, berdialog dengan Ketua DPR Puan Maharani.

"Apa yang dilakukan para ibu ini sudah bagus sekali, maka kita patut apresiasi peran serta para perempuan sebagai penggerak ekonomi," kata Puan Maharani saat berdialog di Kantor Kelurahan Serangan, di Denpasar, Senin.

Puan juga menyemangati ratusan perempuan tersebut untuk tetap dapat berkarya dan bersama-sama membangkitkan ekonomi keluarga khususnya, dan ekonomi Bali pada umumnya.

Dalam dialog dua arah tersebut banyak menyinggung soal peran dan sepak terjang para perempuan dalam upaya kebangkitan ekonomi, terutama pasca-pandemi COVID-19.

Acara dialog itu turut dihadiri Staf Khusus Menteri Bidang Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Agung Putri Astrid Kartika dan Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa.

Selain itu hadir pula Bupati Badung Nyoman Giri Prasta serta Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Ketua Yayasan UID dan Presiden Komisaris Kura Kura Bali Tantowi Yahya.

Selanjutnya juga hadir Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Ketua TP PKK Kota Denpasar Antari Jaya Negara usai pelaksanaan dialog mengatakan peran serta para perempuan dalam pemberdayaan ekonomi sangat diperlukan.

"Sektor UMKM yang dijalankan oleh para perempuan telah membuktikan bahwa perempuan telah mengambil peran penting dalam keluarga terutama dalam upaya menjalankan perekonomian," ucap istri Wali Kota Denpasar ini.

Pandemi COVID-19, lanjut Sagung Antari, telah banyak mengajarkan kita, tidak terkecuali para perempuan untuk berkarya dan berinovasi.

Di lain sisi, Ni Made Karni salah seorang perempuan kepala keluarga yang ikut dalam kegiatan itu mengatakan dialog seperti ini sangat diperlukan agar tersampaikan hal-hal yang menjadi fokus masyarakat.

"Terima kasih melalui dialog ini setidaknya kami bisa menyampaikan langsung apa yang selama ini menjadi kendala kami dalam menjalankan usaha ini," ujarnya.

Ni Made Karni berharap ke depannya kebangkitan ekonomi khususnya di Bali akan terus meningkat.

Usai berdialog Ketua DPR RI Puan Maharani sempat meninjau pameran hasil perajin pelaku UMKM Denpasar di halaman Kantor Kelurahan Serangan itu.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023