Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Bali, Ida Bagus Alit Wiradana mengajak para camat, bandesa (ketua) adat dan perbekel (kepala desa) di kota setempat mewaspadai potensi kerawanan dan gangguan keamanan yang dapat muncul menjelang atau malam Tahun Baru 2023.

"Saat malam pergantian tahun, kami berharap kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban," kata Alit Wiradana di Denpasar, Selasa.

Menurut dia, para camat, perbekel/lurah, bandesa adat serta masyarakat menjadi ujung tombak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Oleh karena itu diharapkan dapat mengintensifkan komunikasi dan sinergi bersama Babinsa dan Babinkamtibmas serta mampu menempatkan unsur pengamanan pada titik vital.

"Sesuai dengan kesepakatan agar melarang penggunaan petasan yang berpotensi terjadi ledakan dan korban," ujar Alit Wiradana.

Baca juga: Imigrasi Ngurah Rai: 280.000 lebih warga asing rayakan akhir tahun di Bali

Ajakan Pemkot Denpasar supaya masyarakat berperan aktif dalam menjaga ketertiban saat perayaan Malam Tahun Baru 2023 tertuang melalui Surat Edaran Nomor 180/1358/HK/2022.

Surat edaran tersebut terkait upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mengantisipasi kerawanan dan gangguan keamanan di malam pergantian tahun.

"Perayaan malam pergantian tahun merupakan momentum tahunan yang dinanti masyarakat, sehingga mari kita jaga bersama," katanya.

Pemerintah Kota Denpasar akan menggelar acara melepas matahari tahun 2022 di kawasan Catur Muka Denpasar pada 31 Januari mendatang dengan melibatkan lebih dari 400 seniman.

"Kegiatan ini melibatkan sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Denpasar dan akan ditampilkan kesenian tradisi.

Baca juga: Kapolda Bali: waspadai pohon tumbang dan cuaca ekstrem

Agenda melepas matahari 2022 yang akan melibatkan ratusan seniman tersebut akan dimulai pada pukul 17.30 Wita dengan mengambil tema Mabesikan.

Mabesikan bermakna menghormati keragaman budaya dalam persatuan dan persaudaraan Denpasar menyongsong 2023.

Acara akan dimulai dengan pelaksanaan inaugurasi di kawasan Catur Muka yang berada di pusat Kota Denpasar. Setelah itu akan dilanjutkan dengan pelaksanaan hiburan di Lapangan Puputan Badung.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022